oleh

Hasil Studi: Ini 5 Akibat Jika Tak Tidur dalam Satu Hari

Bayar pajak itu wajib

PortalMadura.Com – Apakah Anda salah satu orang yang mengalami masalah kurang tidur?. Jika iya, pasti rasanya sangat menyebalkan. Karena, aktivitas ini sangat dibutuhkan semua orang setiap harinya.

Apalagi bagi seseorang yang memiliki kegiatan penuh, tentunya butuh waktu untuk mengistirahatkan badan walaupun itu hanya sebentar. Namun, terlalu banyaknya kegiatan atau pekerjaan kadang membuat sebagian orang tidak punya cukup waktu untuk tidur. Bahkan ada yang sampai satu hari penuh tidak tidur.

Menyikapi hal tersebut, lantas adakah bahaya yang bisa ditimbulkan?.

Menurut studi yang dilakukan oleh American Academy of Sleep Medicine (AASM), kurang tidur dapat menurunkan gairah ‘seks’ pada orang dewasa, melemahkan sistem kekebalan tubuh, menyebabkan masalah berpikir, dan menyebabkan kenaikan berat badan.

Ketika seseorang tidak cukup tidur, maka ia juga dapat meningkatkan risiko kanker, diabetes, dan bahkan kecelakaan ketika berkendara.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh AASM, sekitar 1 dari 3 orang dewasa di Amerika memiliki jam tidur yang kacau dan mereka tidak cukup terlelap. Lalu, selain penyakit yang sudah disebutkan di atas, adakah efek lain?.

Berikut 5 hal yang terjadi pada tubuh manusia jika tidak tidur dalam waktu hanya sehari:

Tidak Bisa Berpikir
Bahkan melewatkan satu malam untuk tidur dapat menyebabkan beberapa masalah kognisi (berpikir) utama. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Experimental Brain Research, sekelompok 18 pria diberi tugas untuk dikerjakan hingga selesai.

Tugas pertama dikerjakan setelah tidur semalaman. Tugas selanjutnya dikerjakan setelah tidak tidur semalaman. Fungsi otak, termasuk memori, pengambilan keputusan, penalaran, dan pemecahan masalah, akan memburuk, bersama dengan fungsi untuk bereaksi dan waspada.

Gampang Lupa
Tidak tidur semalaman tidak hanya membuat Anda menjadi pribadi yang lebih pelupa, namun berdasarkan sebuah penelitian, tidak tidur semalaman berdampak pada pembelajaran dan memori dalam otak.

Peneliti menyimpulkan bahwa tidur sangat penting untuk proses konsolidasi hal-hal yang dipelajari oleh manusia di otak. Dengan kata lain, Anda perlu istirahat yang tepat untuk mengunci informasi baru dan memasukannya ke memori.

Loading...

Libido Menurun
Tidak cukup tidur bisa mengurangi gairah ‘seks’ pada orang dewasa. Dalam satu penelitian, pria muda yang tidak mendapatkan tidur berkualitas selama periode satu minggu menunjukkan penurunan kadar testosteron.

Baca Juga: Tetap Terjaga, Ini 4 Cara Mudah Atasi Ngantuk Karena Kurang Tidur

Tidur 5 jam atau kurang dari itu mampu mengurangi kadar hormon ‘seks’ sebanyak 10 hingga 15 persen. Para pria yang dilibatkan dalam riset itu juga melaporkan bahwa suasana hati dan kekuatan mereka, secara keseluruhan, menurun drastis setiap malam berturut-turut.

Kulit yang Tidak Indah
Dalam sebuah penelitian, sekelompok orang berusia antara 30 dan 50 tahun dievaluasi berdasarkan kebiasaan tidur mereka dan kondisi kulit mereka. Hasil studi menunjukkan, mereka yang kurang tidur memiliki kerutan halus, garis-garis halus di wajah, warna kulit tidak merata, dan kulit mengendur.

Baca Juga: Lakukan 5 Tips Ini Agar Anda Terlihat Segar Meski Kurang Tidur Semalam

Orang yang kurang tidur juga cenderung tidak puas dengan penampilan mereka, daripada rekan-rekan mereka yang cukup istirahat.

Berat Badan Naik
Sebuah studi meneliti hubungan antara tidur dan berat badan pada 21.469 orang dewasa di atas usia 20 tahun. Orang-orang yang tidur kurang dari 5 jam, setiap malam selama studi tiga tahun, lebih cenderung bertambah bobot badannya dan akhirnya menjadi gemuk. Sedangkan mereka yang tidur antara 7 dan 8 jam, bernasib lebih baik dari mereka yang kurang tidur.


Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : liputan6.com


Berita PortalMadura
Loading...
Tirto.ID
Loading...

Komentar