oleh

Hati-hati, Begini Cara Mengganti Popok Bayi yang Baik dan Benar

PortalMadura.Com – Mengganti popok bayi merupakah suatu kewajiban yang harus dilakukan setiap orang tua. Mengganti popok bayi mungkin membingungkan pada awalnya bagi setiap orang tua. Namun, seiring waktu, Bunda dan Ayah akan terbiasa melakukannya.

Dilansir dari laman Alodokter.Com, Selasa (9/2/2021), berikut langkah mengganti pokok bayi yang baik dan benar:

Cuci Tangan Terlebih Dahulu

Sebelum mengganti popok bayi, pastikan Anda mencuci tangan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk menjaga kulit bayi tidak terdeteksi kuman dari tangan Anda.

Buka Popok Bayi yang Kotor

Letakkan bayi di atas permukaan yang sudah dilapisi alas bersih, kemudian buka perekat popok yang kotor secara perlahan dan usahakan agar perekatnya tidak rusak. Angkat bokong bayi dengan memegang kedua pergelangan kakinya ke atas secara perlahan. Ambil bagian depan popok, lipat hingga menutupi bagian yang kotor, lalu buang ke dalam tempat sampah.

Bersihkan Kulit Bayi

Bersihkan alat kelamin, anus, dan lipatan paha bayi. Setelah dibersihkan, biarkan kulit bayi mengering dengan sendirinya atau usap menggunakan handuk bersih yang kering dan berbahan lembut. Anda dapat mengoleskan krim khusus sesuai anjuran dokter pada kulit bayi, jika terdapat ruam popok.

Pakaikan Popok Bersih

Setelah bayi bersih Anda bisa pakaikan popok baru untuk beyi agar bayi merasa nyaman.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Alodokter.Com

Komentar