Hati-hati! Ini 5 Tanda Anda Diganggu Setan Ketika Salat

  • Bagikan
mengatuk saat salat
ilustrasi

PortalMadura.Com – Salat merupakan salah satu ibadah yang wajib dikerjakan umat Islam. Akan tetapi, tidak semua umat muslim bisa melakukan ibadah yang satu ini dengan khusyuk.

Mungkin ketika sedang salat sering mengalami hal-hal yang menyebabkan Anda tidak khusyuk atau malas untuk melaksanakan ibadah wajib ini, maka saat itu Anda sedang digoda oleh setan. Untuk itu sebagai seorang muslim, Anda dianjurkan untuk berusaha khusyuk dalam salat agar diterima dan mendapat keberkahan salat tersebut.

Berikut lima tanda umat muslim diganggu setan saat salat:

Kusala
Ketika merasa terpaksa dan malas saat hendak atau sedang mendirikan salat, Anda telah terprovokasi oleh rayuan setan.

Hal ini sebagaimana firma Allah SWT: “Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila berdiri untuk salat, mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya (dengan salat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali” (QS. an-Nisa : 142).

Attajul
Attajul adalah terburu-buru, seperti halnya Ayam yang ingin mematok makanan. Ingin segera selesai, baik dalam bacaan maupun gerakan. Tidak ada sedikit pun merasakan nikmat dalam setiap lafal yang terucap atau gerakan yang dilakukan.

Annu’as
Saat salat sering menguap, bekali-kali. Hampir di setiap gerakan dan bacaan. Anehnya, ketika selesai salat, tidak menguap lagi. Badan kembali segar bugar.

Marhodhulbaththahuni
Marhodhulbaththahuni, yaitu hasrat untuk buang angin dan kotoran. Hal ini terjadi bekali-kali.

Annisyan
Tidak fokus dalam mendirikan salat, hingga lupa dan asyik berkhayal atau mengingat hal-hal di luar salat. bahkan sampai pada tahap melupakan jumlah rakaat salatnya.

Sebagaimana firman Allah SWT: “Setan telah menguasai mereka lalu menjadikan mereka lupa mengingat Allah. Mereka itulah golongan setan. Ketahuilah, sesungguhnya golongan setan itulah golongan yang merugi” (QS. al-Mujadalah : 19). Wallahu A’lam. (kabarmakkah.com/Salimah)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.