oleh

Hati-hati Investasi Bodong! Kenali 7 Cirinya Agar Tak Tertipu

PortalMadura.Com – Tidak bisa dipungkiri, investasi kini semakin dilirik banyak orang. Bagaimana tidak, apabila sukses dalam bidang ini maka cuan yang didapatkan tentunya tidak sedikit. Tidak heran jika sekarang ini banyak perusahaan dan lembaga keuangan yang menawarkan janji-janji investasi.

Tapi tunggu dulu, jangan asal melakukan investasi, karena tidak semua investasi itu benar dan legal. Sebagaimana diketahui, Per 5 Juni 2021, Satgas Waspada Investasi (SWI) menemukan 26 kegiatan usaha tanpa izin yang berpotensi merugikan masyarakat melalui iming-iming investasi.

Adapun entitas investasi bodong yang dihentikan SWI di antaranya dalam katergori:

11 money mame
3 investasi cryptocurrency tanpa izin
1 penyelenggara sistem pembayaran tanpa izin
2 penyelenggara pembiayaan tanpa izin
9 kegiatan lainnya

Nah, dari entitas itu jangan sampai Anda mengalami kejadian tertipu lembaga keuangan investasi ilegal. Untuk menghindarinya, Anda perlu tahu ciri-ciri investasi yang benar dan mana yang bodong. Berikut penjelasan selengkapnya sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Kamis (10/6/2021) dari laman Idntimes.com:

Jangan Pernah Tergiur Sama Bunga yang Tinggi

Kenapa? Karena secara logika, bunga yang tinggi sudah tidak masuk akal. Jadikan bunga bank sebagai patokan untuk bunga investasi. Kalau ada yang menawarkan bunga satu persen per hari, nah bisa jadi Anda sedang ditawari investasi bodong.

Ditawarkan Lewat Online, Bukan Melalui Iklan TV, Radio ataupun Media Penyiaran Lainnya

Jangan sembarangan tergiur, Anda perlu curiga kalau dia menunjukkan investasi melalui online yang tidak jelas sumbernya. Kalau sudah begini, yang perlu Anda tanyakan selanjutnya adalah, “Kantor dan kondisi fisiknya investasi ini di mana?” Dia masih tidak bisa menunjukkan di mana, bisa jadi Anda sedang bertransaksi dengan investasi hantu.

Model Investasinya Member Get Member

Bilangnya investasi, tapi setelah itu disuruh ngajak teman biar bisa member get member. Coba Anda pikirkan, kalau itu memang sistem komunitas, dana yang diputar tentu untuk sesama anggota komunitas. Lalu dari mana keuntungannya? Dari masuknya anggota baru tentunya.

Dapat Bonus Kalau Bisa Merekrut Anggota Baru

Seperti member get member, uang bonusnya tentu didapat dari orang yang baru tersebut. Yang perlu diperhatikan tidak ada investasi dengan model seperti ini.

Tidak ada investasi yang langsung memberikan bonus begitu Anda bergabung. Bahkan keuntungan dari investasi itu baru bisa dirasakan setelah kurang lebih dua tahun berjalan. Jadi gak mungkin banget ‘kan dapat bonus di muka?.

Investasi dengan Model Ada Barang yang Dijual, Tapi Harganya Gak Wajar

Coba Anda disuruh beli sandal jepit, tapi harganya Rp450 ribu. Mau gak kira-kira Anda? Maka dari itu, kalau ada investasi yang menawarkan barang-barang, Anda perlu kroscek. Cari di sekitar Anda, kira-kira apakah harganya memang segitu, lebih murah ataupun jangan-jangan jauh lebih mahal.

Tidak Bisa Menjelaskan dengan Benar Cara Pengelolaan Investasinya

Kalau dari orang yang kamu temui sering melontarkan kata “pokoknya, yah seperti ini ataupun nanti saya tanyakan” nahh itu perlu kamu pikirkan. Bayangkan, dia saja gak bisa dengan benar dan yakin menjelaskan cara investasi. Bagaimana nanti misalnya dia mengelola investasi Anda?.

Katanya Sih Bebas Risiko…

Nah lho, siapa yang tidak tertarik kalau ditawarin seperti ini. Tapi coba pikir lagi, investasi mana yang tidak ada risikonya? Bahkan di bank saja ada risikonya, di asuransi Anda juga ditawarin mau yang risiko rendah, menengah ataupun tinggi. Karena sejujurnya, dalam bisnis itu ada high risk, high return. Nah kalau tidak ada risikonya, itu namanya pembodohan publik.

Itulah 7 ciri-ciri investasi bodong yang harus Anda ketahui agar tidak mudah tertipu oleh lembaga keuangan investasi ilegal. Ingat, pemilihan investasi itu perlu Anda perhatikan secara seksama dan bukan dari satu sisi saja.

Ini uang Anda yang bakal dibayarkan setiap bulan kepadanya. Ini uang Anda juga yang bakal Anda terima setelah beberapa tahun. Jangan sampai masa depan Anda hancur hanya karena investasi bodong.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Idntimes.Com

Komentar