Hati-hati, Sifat Pelit Bisa Datangkan Musibah

Avatar of PortalMadura.com
Hati-hati, Sifat Pelit Bisa Datangkan Musibah
Ilustrasi (babe nulis)

PortalMadura.Com – Kikir atau merupakan salah satu sifat manusia. Bagi seseorang yang memiliki sifat ini biasanya tidak disukai banyak orang. Bahkan, sering kali membuat orang di sekitarnya merasa kesal.

Bagaimana tidak, jangankan berbagai pada sesamanya, membelanjakan uang untuk dirinya sendiri saja terkadang mereka berat dan menyesal. Selain tidak disukai manusia, sikap pelit ini juga tidak disukai oleh Allah SWT.

Sebagaimana Rasulullah bersabda, watak pelit tidak boleh ada dalam diri seseorang mukmin. Pasalnya bisa mendatangkan . Bahkan, ada beberapa orang dari umat terdahulu yang binasa akibat kekikirannya. Berikut ini sabda-sabda Rasulullah mengenai orang kikir:

Rasulullah bersabda “Ada watak yang keduanya tidak boleh ada dalam diri seorang mukmin, yaitu akhlak buruk dan kikir” (HR. Tirmidzi).

Rasulullah bersabda: “Ada dua macam akhlak yang disukai oleh Allah SWT, dan dua macam akhlak yang dibenci oleh-Nya. Dua akhlak yang disukai Allah SWT adalah dermawan dan berani. Dua akhlak yang tidak disukai oleh-Nya adalah akhlak yang buruk dan kikir. Apabila Allah menghendaki kebaikan bagi seorang hamba, maka Dia menjadikannya sebaik amal yang selalu memenuhi keperluan-keperluan orang banyak” (HR. Baihaqi).

Rasulullah bersabda, “Takutlah kalian terhadap perbuatan aniaya, karena sesungguhnya aniaya itu adalah kegelapan pada hari kiamat. Dan takutlah kalian terhadap sikap kikir, karena sesungguhnya kikir itu membinasakan orang-orang sebelum kalian. Juga mendorong mereka mengalirkan darah mereka sendiri, dan menghalalkan kehormatan mereka,” (HR. Muslim).

Ada beberapa orang dari umat terdahulu yang binasa akibat kekikirannya. Salah satunya adalah Qorun yang hidup pada masa Nabi Musa AS. Ia beserta hartanya akhirnya tenggelam ditelan bumi, karena tidak mau bersedekah dan tidak mau membayar zakat. Sebelum musibah besar yang membinasakannya tersebut, harga diri dan kehormatan Qorun sudah diinjak-injak oleh orang-orang dari kalangannya sendiri yang seharusnya Ia nafkahi. Jadi sikap kikir selain tercela juga mendatangkan musibah.

Sifat pelit atau kikir ini muncul karena suudzon atas rezeki yang dijanjikan Allah SWT. Mereka mengira dengan mudah berbagi kepada orang lain maka hartanya akan habis. Hal ini tentu bertentangan dengan prinsip sedekah, di mana semakin banyak dikeluarkan akan semakin banyak Allah SWT menambahkan.

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah Rasulullah bersabda, “Tidak ada hari ketika seorang hamba memasuki waktu pagi kecuali kedua malaikat berdoa. Salah satunya berdoa, ‘Ya Allah berilah kepada orang yang berinfak gantinya.' Dan malaikat yang satu berdoa, ‘Ya Allah berikan kepada orang yang pelit kehancuran“‘ (HR. Bukhari- Muslim).

Kikir dalam makna hadis di atas menurut Al-Malla ‘Ali al-Qari adalah orang-orang yang pelit memberikan kebaikan dan harta kepada orang lain. Sementara itu Al-Hafizh Ibnu Hajar rahimahullah mengatakan jika kata “hancurkanlah” memiliki makna bahwa harta itu sendiri yang hancur atau pemilik harta tersebut. Maksudnya adalah hilangnya kebaikan karena sibuk dengan yang lainnya. Wallahu A'lam. (infoyunik.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.