Hazelnut, Jenis Kacang yang Memiliki Banyak Manfaat bagi Tubuh Anda

Avatar of PortalMadura.com
Hazelnut, Jenis Kacang yang Memiliki Banyak Manfaat bagi Tubuh Anda
Ilustrasi (istockphoto.com)

PortalMadura.Com adalah kacang yang dipanen dari pohon Hazel. Di balik rasanya yang manis dan gurih, hazelnut juga kaya akan nutrisi yang membawa banyak manfaat bagi kesehatan. Hazelnut termasuk makanan yang tinggi kalori. Sepuluh biji hazelnut saja mengandung sekitar 90 kalori.

Dilansir dari laman Alodokter.Com, Rabu (4/8/2021) berikut manfaat hazelnut untuk kesehatan:

Melawan Radikal Bebas

Hazelnut kaya akan senyawa fenol, yakni antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari stres oksidatif akibat penumpukan radikal bebas berlebih. Mengonsumsi hazelnut secara rutin dapat secara signifikan menurunkan stres oksidatif. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung.

Mencegah Kanker

Kandungan proantocyanidins, vitamin E, dan mangan yang ada di dalam hazelnut mampu melindungi tubuh dari kerusakan sel yang dapat meningkatkan risiko tumbuhnya sel kanker.

Menurunkan Kadar

Asam oleat yang terkandung dalam hazelnut mampu meningkatkan kepekaan sel-sel tubuh terhadap hormon insulin, sehingga tubuh dapat menyerap gula dengan lebih maksimal. Dengan begitu, risiko Anda untuk mengalami diabetes akan berkurang.

Mengurangi Peradangan dalam Tubuh

Konsentrasi lemak sehat yang tinggi pada hazelnut mampu mencegah dan mengurangi peradangan dalam tubuh, jika dikonsumsi secara rutin.

Menurunkan

Kandungan senyawa fenol yang ada pada hazelnut dapat menurunkan kadar kolesterol total, kolesterol jahat (LDL), dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari penyakit kardiovaskular, seperti stroke.

Itulah manfaat hazelnut yang bisa Anda dapatkan. Namun, juga perlu Anda ingat hazelnut mengandung kalori yang tinggi, porsi konsumsinya harus diperhatikan. Alih-alih membawa manfaat, konsumsi hazelnut berlebihan justru bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.