oleh

Hikmah Berdoa dengan Rendah Hati dan Suara Lembut

PortalMadura.Com – Pernahkah Anda berpikir mengapa hidup Anda penuh kesulitan?. Untuk itu bersyukurlah, sebab dengan Anda bersyukur segala kesulitan dalam hidup akan dipermudah. Bakal banyak kesempatan untuk mencurahkan segala keluh kesah yang Anda alami kepada Allah SWT. Dengan adanya kesulitan tersebut, akan ada banyak waktu untuk dekat kepada sang pencipta Allah SWT, melansir dari Republika.co.id, Kamis (6/2/2020).

Sebagaimana firman-Nya: “Berdoalah kepada Tuhanmu dengan rendah hati dan suara yang lembut. Sungguh, Dia tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi setelah (diciptakan) dengan baik. Berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut dan penuh harap. Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang yang berbuat kebaikan” (QS al-A’raf: 55-56).

Sebagai seorang hamba yang bertakwa, sebaiknya Anda harus berdoa dengan cara lemah lembut dan juga merendahkan hati. Karena dalam Islam diajarkan bagaimana aturan berdoa yang benar dan baik kepada-Nya.

Maka ucapkanlah kalimat pujian-pujian pada Allah seperti halnya kalimat tahmid dengan penuh keikhlasan karena dengan memuji sang pencipta sama halnya Anda memposisikan “kerendahan diri”, dengan seperti itu tidak akan ada lagi kesombongan maupun keangkuhan yang ada pada diri Anda. Dengan demikian doa yang keluar untuk mencurahkan segala persoalan Anda berasal dari “kerendahan” sebagai salah satu makhluk pencipta-Nya.

Perlu diketahui, bahwa doa merupakan permohonan kepada sang pencipta dengan disertai kerendahan hati untuk mengharapkan tercapainya sesuatu yang diinginkan ataupun yang dimohonkan, karena niscaya Allah akan menunjukkan jalan yang terbaik terhadap Anda.

Misalnya, ketika dilanda musibah bertubi-tubi, jika tidak ada seorangpun yang mampu menolong maka berdoalah kepada-Nya, niscaya pasti pertolongan Allah itu ada bersama Anda, yakinlah dengan hal itu.

Jangan hanya berdoa ketika Anda merasa kesulitan saja. Ketika Allah memberikan nikmat yang begitu melimpah kepada Anda, jangan lupa pula untuk berdoa agar nikmat itu selalu senatiasa bersama Anda. Selain itu, saat semua hal yang Anda inginkan terpenuhi, berdoalah agar Allah selalu bersama Anda.

Baca Juga: Baca Doa Ini Supaya Dimudahkan Segala Urusan Dunia dan Akhirat

Bahkan, Anda dianjurkan untuk berdoa dalam setiap kesempatan yang disempitkan sekalipun. Berdoalah saat lapang ataupun sempit. Berdoalah ketika mendapat musibah juga nikmat. Karena hanya dengan berdoa kepada-Nya, segala kesulitan akan dimudahkan, segala persoalan akan terselesaikan, dan segala nikmat akan dilipatgandakan. Rasulullah bersabda: “Doa itu adalah (intisari) ibadah” (HR Tirmidzi).

Sebenarnya, begitu banyak keutamaan dalam berdoa. Lantas, masihkah Anda ragu terhadap ketetapan Allah dalam hidup Anda?. Pasalnya, usaha sekeras apa pun akan sia-sia tanpa berdoa. Doa adalah senjata orang mukmin dan juga tonggak agama, maka janganlah menjadi manusia sombong yang tidak mau memanjatkan doa. Jangan pula membanggakan diri akan prestasi-prestasi yang diraih.

Ali Ibn Abi Thalib r.a, berkata: “Doa adalah senjata orang mukmin, dan tiang agama, serta cahaya langit dan bumi” (HR Hakim).

Karena berdoa adalah senjata keimanan, maka berdoalah dengan penuh kerendahan hati, dan dengan suara lembut. Karena dengan begitu, komunikasi dengan Allah bakal terbebas dari gangguan-gangguan (noise) yang menyebabkan doa tersebut tertolak. Saat Anda meminta dengan suara penuh kesombongan, posisinya sama dengan orang yang ngelunjak pada Allah sehingga hal ini ditakutkan menjatuhkan seseorang pada perilaku syirik. Nauzubillahi min zalik!

Dengan berdoa, pasti semuanya akan terkabulkan asal Anda bersungguh-sungguh. Karena Allah tidak akan mengecewakan hamba-hamba-Nya yang banyak berdoa dengan penuh harap dan ikhlas. Wallahu A’lam.

Komentar