Hikmah Perbanyak Baca Selawat di Bulan Syakban

Avatar of PortalMadura.com
Hikmah Perbanyak Baca Selawat di Bulan Syakban
Ilustrasi (nu.or.id)

PortalMadura.Com merupakan bulan yang dekat dengan Ramadan dan sebagai bulan persiapan untuk menghadapi puasa Ramadan. Tidak heran jika bulan ini menjadi sangat penting dalam kehidupan umat Muslim, khususnya di Indonesia.

Hal yang sering diperingati di bulan ini yaitu malam nisyfu syakban. Selain tentang itu, ada juga beberapa peristiwa penting yang terjadi pada bulan syakban. Sebagaimana dalam kitab Madza fi Syakban, Sayyid Muhammad bin Alawi al Maliki menyebutkan peristiwa penting itu yang berimbas pada kehidupan beragama seorang Muslim.

Salah satunya, pada bulan syakban diturunkan ayat anjuran untuk berselawat kepada Rasulullah. Yaitu QS. Al-Ahzab ayat 56:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya berselawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, berselawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya“.

Ibnu Abi Shai al-Yamani juga mengatakan bahwa bulan syakban adalah bulan selawat. Karena pada saat itulah ayat tentang anjuran selawat diturunkan.

Baca Juga : Begini Cara Rasulullah Sambut Bulan Syakban Menurut Hadis

Pendapat tersebut dikuatkan oleh pendapat Imam Sihabuddin al-Qasthalani dalam al-Mawahib-nya, serta Ibnu Hajar al-Asyqalani yang mengatakan bahwa turunnya ayat tersebut pada bulan syakban tahun ke 2 hijriah.

Oleh karena itu, tentu akan sangat baik jika Anda memperbanyak selawat kepada Rasulullah di bulan syakban, karena selain bulan diturunkannya ayat tentang selawat, Anda juga tidak ingin ketinggalan dengan malaikat. Masa malaikat saja berselawat kepada Rasul, tetapi Anda tidak. Wallahu A'lam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.