Hilangkan Komedo dengan 7 Bahan Alami Ini

Avatar of PortalMadura.com
Editor: Desy Wulandari
Hilangkan Komedo dengan 7 Bahan Alami Ini
Ilustrasi (Olive House)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Komedo merupakan lesi primer dari jerawat yang disebabkan oleh tersumbatnya folikel rambut oleh akumulasi dari debris sel kulit yang bercampur dengan minyak. Salah satu masalah kulit ini sangat mengganggu terutama bagi wanita. Oleh karena itu, berbagai macam cara dilakukan untuk mencegah atau bahkan menghilangkan komedo di area wajah.

Ternyata ada beberapa bahan alami yang bisa menghilangkan komedo dengan cepat. Selain harganya murah, bahan alami ini juga mudah didapatkan. Penasaran? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman popmama.com, berikut ini bahan alami yang bisa menghilangkan komedo dan cara membuatnya:

Lemon, Madu, dan Gula Dianggap Ampuh Basmi Komedo

Bahan alami yang bisa Anda ramu untuk membasmi komedo pada hidung dan sekitar wajah lainnya adalah campuran lemon, madu, dan gula.

Potong lemon menjadi dua bagian dan tuangkan madu secukupnya pada bagian lemon yang terbuka hingga menutupi permukaan potongan lemon.

Kemudian taburi lemon dengan setengah sendok teh gula pasir. Pijat lembut area penuh komedo dengan ‘spons’ alami ini dengan gerakan melingkar.

Setelah merata, diamkan sekitar 30 menit. Cuci wajah dengan air bersih. Ulangi cara ini tidak lebih dari sekali dalam seminggu.

Minyak Kelapa untuk Menghilangkan Komedo

Bahan alami selanjutnya untuk hilangkan komedo adalah minyak kelapa yang diramu menjadi minyak esensial. Siapkan botol, 1/4 cangkir minyak kelapa yang sudah dihangatkan di dalam microwave selama 10 sampai 15 detik.

Kemudian campurkan minyak kelapa dengan 10 tetes minyak lemon, lavender, dan tea tree.
Aduk rata sampai halus. Gunakan bola kapas untuk menerapkan larutan pada kulit di pagi dan sore hari setelah mencuci muka. Campuran harus disimpan dalam botol tertutup pada suhu kamar.

Baca Juga:  5 Perbedaan Clay dan Pomade, Kaum Pria Wajib Baca!

Kayu Manis dan Tepung Gandum bisa Digunakan Sebulan Sekali untuk Basmi Komedo

Campur satu sendok teh tepung gandum dengan jumlah bubuk kayu manis yang sama.
Tambahkan sedikit air hangat dan aduk rata.

Campuran harus berbentuk krim yang sangat kental. Terapkan dengan lembut campuran ini dengan ujung jari, gerakan melingkar di wajah.

Gosok selama 1 menit, lalu bersihkan wajah dengan air dingin. Kayu manis dapat menyebabkan sensasi kesemutan ketika diterapkan pada kulit, tetapi akan hilang setelah mencuci wajah. Trik ini dapat digunakan tidak lebih dari dua kali sebulan.

Minyak Kelapa dan Bubuk Kopi bisa Bantu Mengurangi Komedo

1/2 cangkir minyak kelapa masukkan ke dalam microwave untuk dipanaskan terlebih dahulu. Setelah itu, tambahkan 1/2 cangkir bubuk kopi.

Gunakan beberapa campuran segera, pijat lembut wajah dengan gerakan melingkar. Setelah digosok, biarkan campuran membentuk masker pada wajah selama 5 menit, kemudian gunakan air dingin untuk membasuhnya sampai bersih.

Pakai masker ini sekali seminggu. Bagi campuran yang tersisa, masukkan ke dalam kotak makan lalu simpan ke dalam freezer.

Oatmeal, Madu, Yogurt, dan Minyak Zaitun Jadi Obat Alami Anti Komedo

Tempatkan 1/4 cangkir oatmeal, 2 sendok teh yogurt, 2 sendok teh madu, dan 2 sendok teh minyak zaitun dalam satu wadah, aduk hingga tercampur rata. Oleskan campuran tersebut ke wajah kamu yang sudah bersih, gosok dengan gerakan memutar selama 1-2 menit.

Baca Juga:  5 Perbedaan Clay dan Pomade, Kaum Pria Wajib Baca!

Lalu bersihkan dengan air hangat. Jika Anda memiliki kulit yang sangat sensitif yang tampaknya terganggu oleh scrubbing, jangan menggunakan masker dengan cara digosok!

Cukup gunakan campuran ini sebagai masker wajah, dan biarkan di kulit selama sekitar 5-7 menit. Gunakan trik ini sekali atau dua kali seminggu.

Gula, Madu, Minyak Zaitun, dan Ekstrak Vanili, Bahan di Dapur yang Jadi Obat Komedo

Campurkan 1/4 cangkir gula putih dengan 1/4 cangkir gula merah dalam mangkuk dan aduk. Tambahkan 1/4 cangkir minyak zaitun dan aduk rata. Kemudian campurkan 1 sendok makan madu dan 1/2 sendok teh ekstrak vanili.

Aduk semua bahan dengan baik sampai halus, dan gunakan campuran ini untuk menggosok area yang penuh dengan komedo. Bilas dengan air hangat. Gunakan ramuan ini seminggu sekali. Simpan dalam stoples kedap udara pada suhu kamar.

Pure Charcoal yang Dipercaya Dapat Cepat Menghempaskan Komedo

Bagi sebagian orang, tidak terlalu mempermasalahkan memiliki wajah berkomedo. Namun, jangan sampai diabaikan juga ya! Karena ada sebagian orang memiliki komedo yang berpotensi menimbulkan permasalahan yang lebih kompleks yaitu timbulnya jerawat. Maka dari itu, pilih perawatan kulit yang dapat mengatasi masalah wajah berkomedo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.