oleh

Hilangkan Rasa Pedas di Mulut Dengan Cara Ini

PortalMadura.Com – Meski pedas, namun cabai banyak digemari karena bagi sebagian orang, makan tanpa ada rasa pedas menjadi kurang nikmat.

Terlalu banyak makan sambal/cabai dapat menyebabkan perasaan seperti sensasi terbakar. Rasa terbakar pada lidah atau mulut ini ditimbulkan oleh senyawa capsaicinoid. Pedas yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan.

Banyak yang berusaha menetralkan rasa pedas dengan minum air. Cara ini justru membuat rasa panas/pedas menyebar ke seluruh bagian mulut. Lantas bagaimana cara menghentikan dan mengatasinya?. Beriku ini beberapa cara menghilangkan rasa pedas:

Minum Susu

Susu bisa membantu menghilangkan rasa pedas. Jika di restoran atau rumah makan tidak menyediakan susu, Anda bisa membawa susu kemasan botol kecil. Saat makanan pedas mulai terasa membakar lidah, minum seteguk susu, diamkan dalam mulut hingga rasa pedas berkurang, lalu ditelan. Cara ini sangat cepat dan efektif.

Makan Es Krim atau Yogurt

Tidak ada susu?. Pilih es krim yang berbahan dasar susu. Gigit hingga es krim masuk mulut, diamkan beberapa saat hingga mencair dan rasa pedas hilang baru telan. Anda juga bisa mencoba Yogurt jika tidak ada es krim.

Kunyah Nasi

Jika tidak mau repot makan es krim atau susu, ambil sesendok nasi dan kunyah perlahan. Tunggu hingga rasa pedas di mulut hilang, baru setelah itu telan nasi.

Itulah beberapa cara menghilangkan rasa pedas karena cabai. Walaupun makan pedas sangat enak, mengkonsumsi cabai berlebihan justru bisa merusak kesehatan, terutama kesehatan lambung. (Vemale.com/ Salimah)


Tirto.ID
Loading...

Komentar