Hindari Makanan ini Agar Koresterol Tidak Tinggi

Avatar of PortalMadura.com
Hindari-Makanan-ini-Agar-Koresterol-Tidak-Tinggi
Ilustrasi (halodoc.com)

PortalMadura.Com adalah komponen lemak yang berperan penting dalam menjaga sel dan jaringan tubuh tetap berfungsi. Akan tetapi, jumlahnya tidak boleh melebihi batas normal kolesterol dalam tubuh.

Orang yang memiliki kolesterol tinggi tentu harus menghindari konsumsi makanan penyebab kolesterol. Tidak hanya untuk Anda yang memiliki kolesterol tinggi, orang yang memiliki riwayat atau risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes pun disarankan untuk membatasi makanan penyebab kolesterol.

Dilansir dari laman Alodokter.Com, berikut deretan makanan yang sebabkan kolesterol tinggi yang harus Anda hindari:

Makanan Cepat Saji

Seperti hamburger dan pizza, mengandung 85-180 mg kolesterol dalam satu porsinya. Belum lagi jika ditambah minuman soda dan kentang goreng yang biasa dikonsumsi bersamaan. Anda dianjurkan untuk membatasi konsumsi makanan cepat saji dan mengganti minuman bersoda dengan air putih guna mencegah kolesterol tinggi.

Steak

Pilihlah daging tanpa lemak yang kadar kolesterolnya lebih rendah, seperti bagian perut sapi (beef flank). Dalam sepotong daging sapi tanpa lemak, terkandung sekitar 300 mg kolesterol. Anda juga bisa mengganti daging sapi dengan daging domba dengan kandungan kolesterol lebih rendah, yaitu sekitar 100 – 150 mg.

Es Krim

Satu cup es krim mengandung lebih banyak kolesterol dibandingkan satu buah burger dan donat. Daripada mengonsumsi es krim sebagai hidangan penutup, lebih baik Anda menggantinya dengan semangkuk buah segar yang kaya serat dan nutrisi, serta rendah kalori. Buah juga merupakan makanan yang baik untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Makanan Laut

Untuk mengurangi asupan kolesterol, pilihlah hidangan laut lain, seperti ikan, caviar, dan sebaiknya olah makanan laut tersebut dengan cara direbus atau dikukus daripada digoreng.

Telur

Telur dapat menjadi sumber protein sehat selama tidak dikonsumsi secara berlebihan tiap harinya. Jika sudah mengonsumsi telur sebagai menu sarapan, Anda disarankan untuk menghindari konsumsi sumber kolesterol lain. Penderita kolesterol tinggi masih diperbolehkan untuk mengonsumsi 4-6 telur per minggu

Daging Bebek

Daging bebek adalah salah satu makanan dengan kandungan kolesterol lebih tinggi dibandingkan daging ayam. Dalam 100 gr daging bebek, setidaknya mengandung kolesterol sebanyak 80 mg.

Jeroan dan Kulit Ayam

Jeroan dan kulit ayam mengandung lebih banyak kolesterol dibandingkan bagian dagingnya. Bagian tersebut juga mengandung banyak asam urat. Karena itu, sebaiknya batasi atau bahkan hindari konsumsi jeroan, terutama bagi Anda yang menderita kolesterol tinggi dan asam urat.

Keju dan Susu

Keju dan susu merupakan jenis makanan yang memiliki kandungan lemak dan kolesterol tinggi. Anda masih bisa mengonsumsi susu dan keju jika memiliki kolesterol tinggi, namun sebaiknya pilih keju dan susu yang rendah lemak

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.