oleh

Hindari Pencurian Data dengan 3 Cara Ini

PortalMadura.Com – Saat pandemi covid-19 seperti sekarang, menjadikan masyarakat beralih melakukan aktivitasnya dengan cara online. Hal ini dilakukan selain untuk mempermudah melakukan kegiatan sehari-hari juga bisa memutus rantai penyebaran virus korona karena dilakukan dari rumah masing-masing tanpa harus bertemu.

Namun yang perlu diketahui, Anda juga harus tahu pentingnya menjaga akun atau data saat beronline ria. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman detik.com, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga akun tetap aman.

Aktifkan Two Factor Authentication (TFA)

Wajib aktifkan Two Factor Authentication (TFA). Kalau terjadi pembobolan, akun Anda tidak bisa diakses karena masih terlindungi dengan TFA. OTP atau One Time Password juga menjadi data yang vital untuk menjaga akun dan transaksi tetap aman.

Data semacam ini jangan pernah dikasih ke orang lain dalam kondisi apapun. Ingat!

Jangan Pakai Password yang Sama

Hal yang penting selanjutnya, jangan pakai password yang sama di semua layanan. Nah ini tantangannya, karena makin banyak Anda bikin akun, makin malas Anda bikin password baru.

Jika satu jebol, jebol semua. Mesti bikin password yang beda-beda dan unik, agar aman. Hal itu termasuk pada aplikasi lain yang memakasi password sama, mesti diganti juga.

Pakai Aplikasi Password Manager

Jika pusing dengan banyak password, disarankan untuk memakai aplikasi password manager. Ada banyak pilihan aplikasi dan banyak yang gratis.

Security merupakan proses pembelajaran untuk semua orang, baik untuk developer, perusahaan teknologi maupun pengguna. Penyebaran data pengguna kerap terjadi di dunia.

 

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Detik.Com