Hindari Sayuran Ini yang Bikin Perut Kembung Setelah Dimakan

Avatar of PortalMadura.Com
Hindari Sayuran Ini yang Bikin Perut Kembung Setelah Dimakan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sayur identik dengan makanan yang menyehatkan karena kaya akan serat, vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Tidak hanya itu, sayur juga rendah lemak dan tinggi nutrisi. Meski menjadi salah satu asupan wajib yang dikonsumsi setiap hari, rupanya ada saja sisi lain dari sayuran yang justru membahayakan tubuh lo.

Siapa sangka, beberapa jenis sayuran justru berpeluang untuk membuat perut kembung. Perut kembung adalah kondisi umum yang mempengaruhi sebagian besar orang dibeberapa titik dalam hidup mereka. Memang menyebalkan bukan? Akibatnya perut Anda akan terasa bengkak dan tentu pasti tidak nyaman.

Umumnya, Anda akan berisiko terkena angin kencang dan sakit perut saat kembung. Untuk itu Anda harus menghindari salah satu sayuran yang dapat menyebabkan masalah perut kembung yang Anda alami.

Salah satunya sayuran brokoli yang Anda harus hindari loh, pasalnya sayur ini memproduksi gas sehingga menyebabkan masalah di lambung. Brokoli termasuk sayuran yang mengandung serat larut, jenis serat yang sulit hancur dan apabila sampai di usus besar bisa menimbulkan gas.

Stephanie Clairmont berkata, Perlu Anda ketahui bahwa brokoli adalah sejenis sayuran cruciferous yang dapat menyebabkan kembung pada perut Anda. Bukan hanya itu mereka mengandung belerang, yang dapat menjebol usus besar Anda untuk membuat hidrogen sulfida atau sejenis gas. Sayuran yang mengandung karbohidrat juga tidak dapat dipecahkan dengan baik oleh perut manusia sehingga belum tercerna.

Tidak hanya itu makanan yang mengandung belerang tinggi juga sangat bau gas. Sayuran crusiferous juga mengandung oligosakarida (rantai karbohidrat yang terdiri dari tiga hingga sembilan molekul gula sederhana yang disebut raffinose). Jenis sayuran cruciferous lainnya termasuk kale, kubis, lobak, dan kubis Brussel.

Ada berapa cara untuk mengurangi efek kembung. Cobalah dengan mengukus sayuran Anda daripada merebusnya, atau kurangi saja berapa banyak yang Anda makan.(Okezone.Com/Nurul)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.