oleh

Ikuti Tata Cara Makan Sunnah Rasulullah

PortalMadura.Com – Makan dan minum merupakan kebutuhan manusia untuk tetap bertahan hidup. Setiap manusia harus makan dan minum untuk mendapatkan stamina agar bisa beraktivitas. Setiap orang memiliki cara makan dan minum, namun bagi Anda yang bergama islam, sebaiknya mengikuti sunnah Rasulullah.

Rasulullah selalu memberikan tuntunan yang baik dan sangat bermanfaat. Jika Anda mengikuti sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah bukan hanya mendapatkan tubuh yang sehat tapi juga tubuh ideal.

Jika Anda penasaran, tata cara makan dan minum yang disunnahkan oleh Rasulullah, dilansir dari laman Boombastis.com, Sabtu (6/6/2020)

Berdoa Sebelum Minum dan Makan

Beberapa peneliti menemukan hasil yang baik jika Anda berdoa sebelum makan dan minum. Hasilnya, air dapat menangkap getaran rasa dalam bahasa apapun, getaran ini merambat ke molekul air di tubuh manusia.

Hal inilah yang akan memengaruhi perilaku manusia. Berdasarkan hadis “Apabila seorang kalian ingin makan, hendaknya dia membaca ‘bismillah’. Dan jika ia lupa membaca di awalnya, hendaknya dia membaca ‘bismillah fii awwalihi wa aakhirihi.” (HR. At-Tirmidzi dan Ahmad. Dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih Sunan At-Tirmidzi no. 1513).

Makan dan Minum Sambil Duduk

Rasulullah mengjarkan untuk duduk saat melakukan makan dan minum. Secara etika perilaku ini lebih sopan daripada Anda melakukannya dengan berdiri.

Beberapa peneliti menemukan, bahwa jika Anda minum dengan posisi berdiri maka sfringer akan terbuka, sehingga air bisa langsung masuk ke kandung kemih tanpa di saring.

Di awali dengan Makan Buah

Mengonsumsi buah sebelum makan akan memicu getah lambung untuk segera keluar sehingga membantu memperlancar proses pencernaan.

Tidak Meniup Makanan dan Minuman

Saat Anda meniup makanan dan minuman Anda, maka akan menghasilkan asam karbonat yang berbahaya untuk tubuh. Selain itu, mulut tempat bersarangnya mikroorganisme yang dapat mencemari makanan dan minuman Anda.

Makan dengan Gunakan Tiga Jari

Penelitian membuktikan bahwa tangan terdapat enzim RNAse yang dapat mengikat bakteri sehingga aktivitas bakteri ini melemah. Maka biasakan untuk makan menggunakan tangan.

Dalam sebuah hadis, “ Dari Abu Hurairah ra., bahwa Rasulullah bersabda, Jika salah seorang diantaramu makan, maka hendaklah ia menjilati jari-jemarinya, sebab ia tidak tahu dari jemari mana munculnya keberkahan.” (HR. Muslim).

Wallahu a’lam “Allah Maha Tahu”

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : Boombastis.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar