oleh

Indonesia Bangun Kembali Kapal Survei Maritim

PortalMadura.Com, Jakarta – Indonesia akan membangun lagi kapal riset maritim untuk mendukung kegiatan survei bawah laut, ujar pejabat di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Kepala Badan Litbang ESDM, Dadan Kusdiana mengatakan Indonesia sebelumnya sudah mempunyai Kapal Survei Geomarin III yang sukses melaksanakan tugas survei bawah laut maupun operasi pencarian.

Kapal baru ini akan dinamai Geomarin V yang merupakan kapal multipurpose yang lebih kecil dibandingkan Geomarin III.

Menurut Dadan, generasi baru ini akan dioperasikan di laut dangkal maupun dalam untuk survei laut, survei infrastruktur minyak dan gas bumi, jalur kabel, jalur pipa bawah laut survei potensi mineral kelautan (seperti timah, pasir laut) serta studi lingkungan lepas pantai.

Rancangan kapal berukuran panjang 40 meter dan lebar 10 meter, akan dibangun selama dua Tahun (2020-2022) dengan anggaran Rp 150 miliar.

Menurut Dadan, potensi bisnis dari kegiatan site survei para mitra strategis dengan kapal ini bisa mencapai Rp 180 milyar pada 2022 hingga 2026, sehingga mampu menutup biaya investasi pengadaan kapal. dilaporkan Anadolu Agency, Minggu (24/3/2019).

Menurut Dadan, selama ini sejumlah mitra strategis membutuhkan kapal yang tidak terlalu besar untuk site survei, namun dengan peralatan survei yang lebih spesifik.


Anadolu Agency
Sumber : Anadolu Agency

Komentar