Indonesia Dorong Kerja Sama Global Cegah Pendanaan Terorisme

Avatar of PortalMadura.com
Indonesia dorong kerja sama global cegah pendanaan terorisme
Ilustrasi. Penangkapan terduga teroris. (Foto file - Anadolu Agency)

PortalMadura.Com, – Pemerintah Indonesia meminta Masyarakat Internasional bekerja sama secara inovatif dan beradaptasi untuk cegah dan atasi maraknya pendanaan .

Dalam debat terbuka mengenai Threats to International Peace and Security caused by terrorist acts: Preventing and Combating the Financing of Terrorism, Fachir menegaskan komitmen Indonesia dalam upaya pencegahan dan penanggulangan terorisme, termasuk pendanaan terorisme. dilaporkan Anadolu Agency, Minggu (31/3/2019).

Wakil Menteri AM Fachir dalam debat terbuka Dewan Keamanan PBB mengingatkan aksi terorisme di Christchurch, Selandia Baru pada 15 Maret lalu membuktikan tidak ada satu Negara yang terbebas dari ancaman terorisme.

Wamenlu menyambut baik komitmen peningkatan kerja sama Internasional, termasuk adopsi Resolusi 2462, mengenai preventing and Countering Financing of Terrorism dimana Indonesia menjadi salah satu Negara co-sponsor.

Dia menegaskan pentingnya pengadopsian dan implementasi berbagai komitmen internasional seperti Convention for the Suppression of the Financing of Terrorism, berbagai Resolusi DK PBB terkait, serta Rekomendasi Financial Action Task Force (FATF), dalam peraturan perundangan di masing-masing Negara.

“Pentingnya tingkatkan adaptasi Masyarakat Internasional dalam merespon berbagai perkembangan teknologi di bidang keuangan dan informasi, melalui kebijakan yang tegas, fleksibel, inovatif dan praktis,” jelas Fachir di Markas PBB, New York.

Indonesia kata dia mendorong peningkatan antara lain melalui pertukaran informasi, bantuan teknis, peningkatan kapasitas aparat penegak hukum dan unit intelejen keuangan, serta koordinasi antar badan dan komite PBB terkait, termasuk konsultasi dan bersinergi dengan FATF.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.