Indonesia Kembangkan Tujuh Pelabuhan Sebagai Hubungan Internasional

Avatar of PortalMadura.com
Indonesia kembangkan tujuh pelabuhan sebagai hub internasional
Ilustrasi: Aktivitas petikemas di pelabuhan. (Foto file - Anadolu Agency)

PortalMadura.Com, – Indonesia berencana menjadikan tujuh sebagai .

Ketujuh pelabuhan tersebut yakni Belawan/Kuala Tanjung di Sumatera Utara, Tanjung Priok di DKI Jakarta, Kijing di Kalimantan Barat, Tanjung Perak di Jawa Timur, Makassar di Sulawesi Selatan, Bitung di Sulawesi Utara, dan Sorong di Papua Barat.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan ketujuh hubungan tersebut akan menurunkan ongkos logistik di Indonesia.

“Jadi nanti tidak harus ke Jakarta dan Surabaya dulu. Bisa direct call dari ketujuh hub ini ke luar,” kata Luhut di Jakarta.

Selama ini, kapal-kapal logistik di Indonesia selalu singgah di Singapura. Dengan pengembangan hubungan tersebut, Luhut berharap kapal-kapal itu bisa singgah di hub dalam negeri. dilaporkan Anadolu Agency, Minggu (24/2/2019).

Pemerintah akan menggandeng Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk membangun hubungan tersebut.

Hubungan tersebut, kata dia, harus terintegrasi dengan kawasan industri dan memenuhi spesidikasi khusus seperti kedalaman laut minimal 16 meter dan panjang dermaga minimal 2.000 meter.

Indonesia menduduki peringkat ke-46 pada Logistic Performance Index 2018 menurut Bank Dunia dari total 160 Negara dengan skor 3,15.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.