oleh

Indonesia Siapkan Bantuan Tunai untuk Pekerja Hingga PKL Terdampak PPKM

PortalMadura.Com – Pemerintah Indonesia akan memberikan bantuan tunai kepada pekerja dengan gaji di bawah Rp3,5 juta seiring diperpanjangnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat menjadi PPKM Level 4.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah mengatakan bantuan akan diberikan sebesar Rp500 ribu per bulan selama dua bulan yang nantinya akan dicairkan sekaligus menjadi Rp1 juta.

“Peserta yang (berhak) adalah yang membayar iuran dengan iuran yang dihitung berdasarkan upah di bawah Rp3,5 juta sesuai dengan upah terakhir yang dilaporkan pemberi kerja kepada BPJS Ketenagakerjaan,” kata Ida melalui konferensi pers virtual, Rabu (22/7/2021).

Bantuan ini juga hanya berlaku bagi pekerja yang berada di wilayah dengan skala pandemi level 4 atau level penularan sangat tinggi.

Selain itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani menuturkan telah menambah anggaran sebesar Rp1,2 triliun untuk bantuan kepada para PKL.

Pemerintah menargetkan 1 juta PKL akan menerima bantuan senilai Rp1,2 juta per penerima yang akan disalurkan pada Juli-Agustus 2021.

Sebelumnya, Kemenkeu telah menganggarkan Rp3,6 triliun untuk 3 juta pelaku usaha mikro yang penyalurannya dilakukan pada kuartal ketiga 2021, namun dengan penambahan ini maka total penerima bantuan menjadi 4 juta dengan total anggaran sebesar Rp4,8 triliun.

Pemerintah juga memperpanjang program diskon tarif listrik hingga Desember 2021.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : AA

Komentar