oleh

Inflasi Ramadan Pada Mei Hanya 0,07%

PortalMadura.Com – Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan, inflasi pada Mei yang bertepatan dengan Ramadan dan Idul Fitri tahun ini sangat rendah, hanya 0,07 persen secara bulanan.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, inflasi kalender Januari-Mei sebesar 0,97 persen dan inflasi tahunan pada Mei sebesar 2,19 persen.

“Dari 90 kota yang dipantau, 67 kota mengalami inflasi dan 23 kota deflasi,” ujar Suhariyanto dalam konferensi pers virtual, Selasa (2/6/2020).

Dia mengatakan, angka inflasi 0,07 persen ini, jauh lebih rendah dibandingkan momen yang sama tahun lalu yang jatuh pada Mei sebesar 0,68 persen dan Juni 0,55 persen.

“Kita sadari situasi tidak biasa karena Covid-19 dan banyak kejadian yang menyebabkan pola inflasi pada Ramadan sangat tidak biasa dan berbeda jauh dengan tahun sebelumnya,” jelas Suhariyanto.

Dia mengatakan pada tahun-tahun sebelumnya selalu terjadi peningkatan permintaan pada Ramadan dan Idul Fitri sehingga membuat inflasi tinggi.

“Inflasi tahunan juga hanya 2,19 persen dibanding tahun lalu sebesar 3,28 persen saat Idul Fitri di Juni,” tambah dia.(*)

Sumber : AA
Editor : Hartono
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE