Ingat! Jangan Konsumsi 5 Makanan dan Minuman Ini Saat Sakit Tenggorokan

  • Bagikan
obat sakit tenggorokan
Ilustrasi

Portalmadura.Com – Sakit tenggorokan tentu sangat mengganggu aktivitas. Apalagi saat makan, biasanya akan sedikit kesulitan lantaran rasa nyeri yang menyiksa.

Ada banyak hal yang menyebabkan sakit tenggorokan saat menelan makanan. Misalnya saja adanya infeksi di bagian tenggorokan hingga adanya reaksi alergi di jalur menelan. Untuk mengatasinya sebagian orang mengonsumsi obat atau minuman herbal.

Namun selain itu, jika Anda ingin cepat terbebas dari masalah ini, perhatikan juga makanan yang dikonsumsi setiap hari. Pasalnya, ada beberapa jenis makanan yang menjadi ‘musuh’ bagi yang mengalami sakit tenggorokan.

Apa saja itu?. Ini dia daftarnya:

Makanan Asam
Biasanya, kebanyakan orang menganggap sakit tenggorokan dipicu oleh kekurangan vitamin C. Sayangnya, konsumsi jeruk maupun jus lemon justru membuat tenggorokan terasa lebih gatal dan sakit. Begitu juga dengan makanan yang berbahan cuka, sebaiknya dihindari agar tidak membuat sakit tenggorokan makin memburuk.

Makanan Pedas
Kebanyakan orang Indonesia memang sangat menyukai makanan pedas, bahkan menyantap makanan pun terasa belum lengkap tanpa kehadiran sambal. Tapi sebaiknya jangan coba-coba mengonsumsi makanan yang mengandung cabai, lada hitam, maupun rempah-rempah lainnya saat mengalami sakit di tenggorokan. Karena, rasa sakitnya akan semakin menjadi.

Produk Berbahan Susu
Banyak orang yang menyarankan mengonsumsi susu untuk meredakan tenggorokan yang menggelitik. Sayangnya, baik itu keju, yogurt, maupun susu malah meninggalkan lapisan yang justru memperparah radang dan nyeri pada tenggorokan.

Kafein
Hampir sama dengan susu, secangkir kopi hangat mungkin dapat membuat tenggorokan terasa lebih baik. Sayangnya, efek tersebut hanya bersifat sementara karena kafein dapat membuat tenggorokan menjadi lebih gatal dan sakit. Sebaiknya, ganti kopi favorit Anda dengan teh herbal seperti teh jahe hangat atau cukup air hangat untuk membantu meredakan gatal dan nyeri.

Makanan Kering
Biskuit, sereal, dan kacang-kacangan sering dipilih sebagai camilan yang sedap. Akan tetapi, mengonsumsi kudapan ringan ini saat mengalami sakit tenggorokan dapat berubah menjadi siksaan. Selain membuat tenggorokan makin sakit, biasanya juga jadi lebih sulit untuk ditelan. Sebaiknya, pilih makanan yang cenderung lembut dan mengandung air, sehingga tidak menimbulkan rasa nyeri saat dikonsumsi.

Nah, sudah tahu kan makanan apa saja yang sebaiknya dihindari saat sedang sakit tenggorokan?. Pastikan jauhi beberapa jenis makanan di atas jika tidak mau sakit tenggorokan Anda semakin parah. Semoga bermanfaat. (dream.co.id/Putri)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.