oleh

Ingat! Jangan Lakukan 6 Kesalahan Ini Ketika Bersedekah

PortalMadura.Com – Berlomba-lomba dalam hal kebaikan, apalagi di bulan Ramadan memang sangat dianjurkan. Meskipun melakukan kebaikan yang paling sepele atau terkecil, pahalanya akan dilipat gandakan, seperti bersedekah.

Namun, melakukan kebaikan dengan bersedakah harus sangat hati-hati karena bisa jadi sedekah Anda akan sia-sia. Jangan sampai merasa telah melakukan yang terbaik tapi faktanya di sisi Allah tidak ada nilainya. Mengapa demikian?.

Dalam hadis sahih riwayat Muslim disebutkan, bahwa salah satu dari tiga orang yang pertama masuk neraka adalah seseorang yang bersedekah, namun melakukan kesalahan fatal dalam bersedekah.

Berikut enam kesalahan yang banyak dilakukan umat muslim ketika bersedekah:

Tidak Ikhlas
Ikhlas itu pekerjaan hati, namun sebenarnya Anda bisa terlihat jelas juga dalam sikap dan perbuatan seseorang. Ada orang yang masuk neraka padahal rajin bersedekah, karena Anda melakukan sedekah itu dengan harapan mendapat pujian orang lain dan pencitraan sebagai orang dermawan.

Tidak ikhlas sebenarnya salah satu pertanda Anda telah melakukan syirik, yakni menjadikan sesuatu selain Allah sebagai tujuan, sebagai kecintaan. Oleh sebab itu, belajar ikhlas dalam bersedekah sangat penting dilakukan.

“Berikutnya (yang diadili) adalah orang yang diberikan kelapangan rezeki dan berbagai macam harta benda. Ia didatangkan dan diperlihatkan kepadanya kenikmatan-kenikmatannya, maka ia pun mengenalinya (mengakuinya). Allah bertanya, ‘Apa yang engkau telah lakukan dengan nikmat-nikmat itu?’ Dia menjawab, ‘Aku tidak pernah meninggalkan sadaqah dan infaq pada jalan yang Engkau cintai, melainkan pasti aku melakukannya semata-mata karena Engkau.’ Allah berkata, ‘Engkau dusta! Engkau berbuat yang demikian itu supaya dikatakan seorang dermawan (murah hati) dan memang begitulah yang dikatakan (tentang dirimu).’ Kemudian diperintahkan (malaikat) agar menyeretnya atas mukanya dan melemparkannya ke dalam neraka,” (HR. Muslim, shahih).


Tirto.ID
Loading...

Komentar