oleh

Ingat! Jangan Lakukan 6 Kesalahan Ini Ketika Bersedekah

Bersedekah Hanya untuk Mendapat Ganti Berkali-lipat di Dunia
Memang benar Allah sendiri yang menjanjikan pahala dan ganjaran berkali lipat pada siapapun yang mau bersedekah. Akan tetapi, jika Anda bersedekah dengan niat hanya untuk mendapat ganti harta dunia, hal itu tentu rugi sekali. Karena hanya itulah yang akan Anda dapatkan.

Betapa banyak orang yang bersedekah 1 juta kemudian mendapat ganti hingga 10 juta, sedekah 100 juta mendapat ganti 1 Milyar, kisah-kisah dan testimoninya ada sangat banyak, tapi jangan terjebak sampai di sini saja. Bisa jadi di akhirat, Anda tidak akan memperoleh kebaikan apapun dari sedekah yang niatnya seperti ini.

“Barang siapa yang menghendaki keuntungan di akhirat akan Kami tambah keuntungan itu baginya dan barang siapa yang menghendaki keuntungan di dunia Kami berikan kepadanya sebagian dari keuntungan dunia dan tidak ada baginya suatu bahagian pun di akhirat” (QS. Asy Syuraa: 20).

Menyakiti Perasaan Orang yang Menerima
Bersedekah tapi terus-terusan mengungkit sedekah tersebut, tentu pahala sedekahnya menghilang tiap kali Anda menyebutkan jasa Anda pada orang itu.

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima)” (QS. Al Baqarah: 264).

Pamer
Sedekah cuma sekali, tapi berjuta orang harus tahu sedekah Anda, hati-hati terjebak riya’ atau syirik kecil. Memang Allah memperbolehkan menampakkan sedekah, tentu dengan tujuan memotivasi orang lain untuk turut bersedekah. Akan tetapi, menyembunyikan sedekah adalah hal yang lebih baik lagi dan perlu Anda lakukan.

“Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan” (QS. Al Baqarah: 271).


Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE