oleh

Ingin Dongkrak PAD, Siap-siap Retribusi Wisata Pamekasan Akan Dinaikkan

Model, Lokasi Pantai Jumiang Pamekasan, Madura (Ft. Fajar Hidayat)

PortalMadura.Com, Pamekasan – Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur berencana menaikkan retribusi untuk sejumlah objek wisata.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Pamekasan, Ahmad Sjaifuddin menjelaskan, rencana itu muncul akibat minimnya sumbangan pada pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata.

Menurutnya, jika tarif retribusi dinaikkan maka tentu sumbangan PAD sektor wisata dapat meningkat. “PAD sektor wisata untuk tahun 2017 hanya Rp20 jutaan, kalau retribusinya dinaikkan, maka PAD bisa naik juga,” ujarnya.

Loading...

Kenaikan tarif retribusi tersebut, akan dibarengi dengan pembenahan beberapa objek wisata serta peningkatan sarana dan prasana vital untuk memberikan kenyamanan pada pengunjung. “Jadi, nantinya akan ada timbal balik,” tandasnya.

Dijelaskan, bahwa retribusi objek wisata yang diterapkan saat ini hanya Rp2 ribu- Rp5 ribu sekali masuk untuk setiap pengunjung.

Tarif tersebut, dinilainya masih minim bila dibandingkan dengan sarana dan prasarana yang telah diberikan pemerintah daerah.

“Di pantai Jumiang saja, pengendara motor hanya Rp3 ribuan. Kalau dinaikkan sedikit saja, pengunjung juga tidak akan mengeluh,” katanya tanpa menyebutkan nominal kenaikan retribusi objek wisata Pamekasan.(Hasibuddin/Nurul)



Komentar