oleh

Ingin Fokus Belajar? Yuk, Ikuti 5 Cara Ini

PortalMadura.Com – Agar mengerti apa yang dipelajari tentu butuh konsentrasi penuh bukan? Namun justru hal tersebut yang terkadang sulit untuk dilakukan. Penyebabnya pun bermacam-macam, bisa jadi karena tubuh yang terlalu lelah akibat dari kurangnya istirahat, pola makan yang tidak sehat, rasa cemas yang berlebih, dan kurang olahraga.

Nah, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar mudah fokus dalam konsentrasi belajar.

Niat
Pastikan Anda memang sudah punya niat buat belajar ya. Dengan demikian, keinginan kita akan lebih jelas dan terarah. Setelah itu belajar pun rasanya akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Istirahat yang Cukup
Mau dipaksakan seperti apa pun untuk fokus belajar, bila kondisi tubuh Anda sedang kekurangan istirahat, pasti Anda akan gagal fokus.

Dengan kondisi tubuh yang kekurangan istirahat, belajar menjadi tidak maksimal dan bisa dipastikan bahwa materi baru saja dipelajari tidak akan menempel di dalam otak.

Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga istirahat, apalagi bila besoknya ada ujian.

Perhatikan Kondisi Perut
Kondisi perut yang keroncongan juga menjadi salah satu faktor besar dari sulitnya fokus berkonsentrasi dalam belajar.

Pastikan Anda buat mengisi perut dengan porsi yang tepat, agar konsentrasi saat belajar tidak terganggu dengan rasa lapar. Tapi, jangan sampai terlalu kenyang, karena Anda bisa merasa ngantuk.

Kondisikan Waktu untuk Belajar
Tidak bisa dipungkiri bahwa waktu yang efektif untuk belajar bagi masing-masing orang berbeda-beda. Cari tahu waktu terbaik untuk diri sendiri buat belajar agar Anda bisa lebih fokus.

Baca Juga: 4 Cara Bikin Belajar Anda Lebih Fokus dan Penuh Manfaat

Kondisikan Tempat untuk Belajar
Setelah poin-poin di atas terpenuhi, kondisikan tempat untuk belajar. Tempat yang nyaman akan membuat good mood sehingga belajar terasa lebih mudah.

Setelah tempat untuk belajar telah terkondisi dengan baik, Anda bisa memulai untuk membaca pelajaran yang akan Anda pelajari.

Agar bisa fokus dan cepat menyerap materi pelajaran, cobalah bikin rangkuman atau catatan kecil dari materi tersebut di buku atau laptop.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar lebih fokus dan konsentrasi dalam belajar. Semoga bermanfaat.

Rewriter: Nanik Dwi Jayanti
Sumber : gadis.co.id
Tirto.ID
Loading...

Komentar