9 Jenis Makanan Sehat yang Bisa Perlancar Siklus Haid

Avatar of PortalMadura.com
9 Jenis Makanan Sehat yang Bisa Perlancar Siklus Haid
ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap wanita tentu memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda, ada yang teratur namun ada juga yang tidak. Normalnya, periode menstruasi berlangsung selama 3-5 hari, sedangkan siklus menstruasi dapat bervariasi dari 28-30 hari.

Perlu Anda ketahui, bahwa siklus menstruasi dapat diukur dari tanggal pertama periode pada bulan lalu sampai periode berikutnya. Beberapa hal yang dapat memengaruhi siklus menstruasi ini adalah gaya hidup tidak sehat, merokok, minum alkohol, olahraga yang berlebihan, dan konsumsi obat-obatan.

Makanan yang dikonsumsi seseorang juga dapat menentukan siklus menstruasi yang dimilikinya. Ada sejumlah makanan yang mampu membantu memperlancar siklus menstruasi.

Berikut sembilan jenis makanan yang bisa memperlancar siklus menstruasi atau haid:

Brokoli
Salah satu jenis sayuran hijau ini sangat efektif untuk memperlancar siklus menstruasi karena kandungan zat besi yang dimilikinya. Untuk mempertahankan siklus menstruasi yang teratur, sertakan brokoli dalam menu harian Anda.

Salmon
Makanan ini merupakan sumber makanan yang sangat kaya kalsium dan vitamin D. Selain dapat memperkuat tulang, salmon dapat meningkatkan dan menstabilkan hormon sehingga bisa membantu menyingkirkan masalah menstruasi tidak teratur.

Sayuran Hijau
Sayuran berdaun hijau yang sehat dan bergizi, penting untuk disertakan jika Anda ingin memiliki siklus menstruasi yang lancar. Bayam, asparagus, dan brokoli merupakan sayuran sehat yang dapat membantu memperlancar siklus menstruasi.

Ikan dan Minyak Ikan
Ikan kaya dengan asam lemak omega-3 dan merkuri yang baik untuk tubuh. Asam lemak omega-3 melindungi pembuluh darah di ovarium dari kerusakan yang dapat menunda menstruasi. Mengonsumsi ikan atau minyak ikan dapat memperlancar siklus menstruasi.

Baca Juga: Mau Siklus Menstruasi Anda Datang Tepat Waktu? Coba Konsumsi 4 Makanan Sehat ini

Almond
Almond adalah jenis kacang yang sehat dan bergizi. Selain membantu memperlancar siklus menstruasi, almond kaya dengan serat dan protein yang dapat menyeimbangkan hormon dalam tubuh.

Biji Wijen
Biji wijen dapat membantu memperlancar siklus menstruasi. Namun, jangan mengonsumsi biji wijen secara berlebihan karena akan meningkatkan panas tubuh.

Yogurt
Yogurt adalah produk susu yang kaya dengan kalsium dan protein. Anda dapat mengonsumsi yogurt setiap hari untuk memperlancar siklus menstruasi.

Susu Kedelai
Susu kedelai merupakan salah satu sumber nutrisi yang sangat baik. Selain itu, minuman yang satu ini juga dapat membantu memperlancar siklus menstruasi yang Anda miliki.

Telur
Telur rebus memiliki kandungan protein, kalsium dan vitamin yang kaya. Protein yang dikandung telur dapat membantu mengatasi masalah menstruasi tidak lancar.

Dari sembilan makanan di atas, selain mampu memperlancar siklus menstruasi juga mampu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Untuk itu, mengonsumsi seluruh makanan tersebut secara rutin sangat dianjurkan untuk mendapatkan manfaat luar biasanya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.