oleh

Ingin Ganteng Ala Rasulullah? Ini Solusinya

Bayar pajak itu wajib

PortalMadura.Com – Pria mana yang tidak ingin terlihat ganteng?. Pasti semua pria menginginkan dirinya terlihat ganteng di depan lawan jenisnya. Namun, banyak pria yang minder untuk mendekati wanita karena dirinya merasa tidak ganteng.

Tampil ganteng atau rupawan memang tidak dilarang asal tujuannya memang untuk menjaga amanah Allah swt dan mensyukuri karunia-Nya. Bagi para pria, ada cara supaya Anda terlihat ganteng ala Rasulullah yang bisa Anda praktikkan.

Berikut empat cara merawat fisik agar tetap rupawan ala Rasulullah:

Makan dan Minum Secukupnya
Untuk menjaga fisik tetap fit, seorang muslim tidak boleh makan berlebihan hingga melampaui batas. Makanlah sekedarnya saja, sebatas untuk menegakkan tulang-tulang punggung. Artinya makan dan minumlah sebatas kebutuhan kita untuk mendapatkan tenaga dan menjalankan aktivitas sehari-harinya.

Allah swt berfirman: “…makan dan minumlah, janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan,” (Q.S. Al A’raaf 7: 31).

Makan dan minum berlebihan dapat mengundang berbagai penyakit hinggap di tubuh kita. Salah satunya adalah obesitas yang menjadi awal dari segala penyakit tersebut.

Akibat dari tumpukan lemak yang menghalangi peredaran darah, maka metabolisme tubuh pun akan terganggu. Orang dengan berat badan berlebihan juga cenderung malas dalam segala hal, baik dalam bekerja maupun dala ibadah.

Rutin Berolahraga
Rasulullah bersabda dalam sebuah hadis: “Orang mukmin yang kuat adalah lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada orang mukmin yang lemah”, (HR. Muslim).

Agar mendapatkan kondisi tubuh yang kuat Anda harus merutinkan aktivitas olahraga. Sekali lagi, niatkan semuanya karena Allah untuk mengejar kecintaan-Nya semata, bukan hanya agar bentuk tubuh atletis untuk sekedar dipamerkan dan menarik banyak wanita. Kekuatan tubuh sejatinya Andatujukan untuk mendukung aktivitas beribadah agar lebih energik.

Loading...

Menjaga Kebersihan
Hal ini akan menghindarkan diri Anda dari badan yang berbau keringat yang bukan hanya mengganggu diri sendiri tapi juga dapat menzalimi orang lain.

Rasulullah memerintahkan untuk membersihkan pakaian. Dari Jabir r.a., ia berkata: “Rasulullah pernah mengunjungi aku. Ketika beliau melihat seorang laki-laki lewat dengan pakaian lusuh dan kumal”, maka beliau bertutur: “Rupanya ia tidak mempunyai sabun untuk mencuci pakaiannya itu,”(HR. Ahmad dan Nasa’i).

Dari hadis tersebut dapat disimpukan bahwa Rasulullah tidak menyukai seseorang yang berpenampilan kotor dan lusuh. Akan tetapi harus diingat pula bahwa tampil rapi dan bersih bukan terkait dengan baru tidaknya pakaian yang kita kenakan.

Dengan menjaga kebersihan, fisik Anda akan sehat dan wajah Anda akan ganteng maksimal. Walaupun bentuk muka Anda tidak seperti artis, tapi aura kebersihan yang dijaga dari segi fisik dan batin akan menjadikan wajah Anda sedap dipandang.

Memakai Pakaian yang Layak
Sering kita melihat penampilan seseorang berpenampilan dekil dan kumal dengan alasan ingin zuhud (pertapaan) dan tidak mau menjadi hamba dunia.

Padahal Allah swt berfirman: “Katakanlah, siapakah yang mengharamkan perhiasan Allah yang Dia keluarkan untuk hamba-hamba-Nya dan (siapakah pula yang mengharamkan) rizki yang baik-baik?”, (QS. Al A’raf:32).

Jadi Allah swt tidak melarang hamba-hamba-Nya untuk memakai perhiasan  dunia yang telah Dia keluarkan. Salah satu dari perhiasan dunia tersebut adalah pakaian. Maka berpakaianlah yang layak dan jangan mempersulit diri sendiri dengan dalih zuhud, karena Rasulullah sendiri berpakaian layak padahal beliau adalah orang yang paling zuhud dan tawadu. (kabarmakkah.com/Salimah)





Berita PortalMadura
Loading...
Tirto.ID
Loading...

Komentar