oleh

Ingin Jadi Karyawan Profesional di Kantor? Hindari Kebiasaan Buruk Ini

PortalMadura.Com – Seluruh karyawan pasti ingin menunjukkan performa yang luar biasa saat bekerja. Jika Anda ingin menjadi karyawan profesional, bersikaplah dengan baik di kantor. Tunjukkan tanggung jawab dan komitmen yang besar saat mengemban berbagai tugas dapat menjadi salah satu kesuksesan berkarir.

Tapi tak jarang, banyak juga karyawan yang justru menunjukkan kebiasaan atau perilaku negatif saat berada di kantor yang membuat tidak berkompeten dalam bekerja. Untuk itu, Anda dapat menghindari kebiasaan buruk ini.

Datang Terlambat
Apabila Anda datang terlambat ke kantor maka akan membuat Anda sangat buruk baik di mata rekan kerja ataupun di mata atasan. Hargailah waktu dan tentu saja hargai juga rekan kerja yang lain. Jangan seenak sendiri, memang ada kalanya kita ada keperluan yang tidak bisa dihindarkan, namun tentunya bukan setiap hari kan.

Maka dari itu, usahakan sebisa mungkin jangan sampai Anda datang terlambat saat bekerja agar nilai-nilai profesionalisme terhadap diri Anda bisa terjaga.

Pakaian yang Tidak Sesuai
Pakaian sangat berpengaruh terhadap cara pandang seseorang terhadap sikap profesional Anda. Perlu Anda ketahui bahwa dalam sebuah perusahaan atau kantor tentu ada peraturan baik tertulis maupun tidak mengenai cara berpakaian yang sudah ditentukan. Maka, Anda juga perlu mematuhi peraturan tersebut.

Menunda Pekerjaan
Hati-hati, kebiasaan buruk ini dapat membuat Anda terlihat tidak bertanggung jawab. Selain itu, Anda juga akan dinilai tidak memiliki komitmen yang besar dalam menuntaskan berbagai pekerjaan.

Terlalu Banyak Bicara, Tidak Mau Mendengar
Ini adalah kebiasaan yang sangat buruk dan akan membuat Anda terlihat sama sekali tidak profesional. Katakanlah Anda sudah mengetahui tentang sesuatu, namun dalam sebuah pekerjaan Anda tetap perlu banyak belajar dan banyak informasi. Dan, salah satu cara untuk belajar dan agar bisa mendapatkan banyak informasi adalah dengan mendengarkan dan menyimak.

Membuang Waktu
Pada kenyataannya, bersenang-senang, hang out, maupun berpesta bersama teman-teman kantor, bisa membangun relasi yang baik dan dapat mengenal lebih jauh dengan mereka. Namun, Anda tidak bisa berharap mempunyai waktu yang lebih untuk hal seperti ini. Karena, jika Anda menggunakan waktu luang untuk sekadar bersenang-senang pada jam pulang kantor, dan di waktu yang tidak tepat, Anda bisa terlena dan menyesali bahwa sudah membuang waktu. Pastikan memiliki pemikiran yang matang.

Kurang Fokus dan Konsentrasi Saat Bekerja
Anda harus berhati-hati di sini, dengan kemajuan teknologi seperti saat ini, maka fokus dan konsentrasi kita sangat mudah sekali teralihkan. Dengan adanya berbagai macam media sosial, itu sangat mudah mengalihkan perhatian kita.

Jika dalam bekerja Anda lebih sering membuka media sosial, menelusuri mesin pencari seperti Google dan lainnya, maka artinya Anda kurang fokus dalam bekerja. Dan itu sangat buruk sekali jika tetap Anda biarkan saja, sama halnya Anda tidak profesional dalam bekerja. Untuk itu mulai saat ini cobalah untuk introspeksi diri dalam bekerja. (maxmanroe.com/choir)


Tirto.ID
Loading...

Komentar