oleh

Ingin Liburan Menggunakan Pesawat? Cobain Pakai Pesawat ini Deh

PortalMadura.com– Maskapai penerbangan di Indonesia memang didominasi oleh beberapa maskapai penerbangan saja. Hal ini membuat maskapai penerbangan lain sulit mendapat tempat di Indonesia.

Salah satu maskapai penerbang swasta yang berasal dari negara lain namun sukses mencuri pasar di Indonesia adalah maskapai penerbangan Air Asia. Air Asia merupakan maskapai penerbangan swasta yang berpusat di Malaysia.

Air Asia mulai populer di Indonesia karena menawarkan berbagai tiket promo murah yang pastinya sangat digemari banyak orang. Yang dulunya pesawat hanya bisa digunakan oleh kalangan atas saja, kini kalangan menengah ke bawah pun sudah bisa menikmatinya, salah satunya berkat tiket murah yang diluncurkan oleh Air Asia. Berikut kami rangkum fakta unik tentang Air Asia.

Air Asia Maskapai Biaya Murah Terbaik Selama 11 Tahun

Biaya murah yang ditawarkan Air Asia memang sudah diketahui oleh banyak orang. Namun salah satu fakta yang tidak diketahui orang adalah bahwa Air Asia merupakan maskapai dengan biaya murah terbaik di dunia selama 11 tahun.

Penghargaan ini diterima oleh Air Asia pada gelaran Skytrax’s pada tahun 2019. Skytrax’s merupakan pergelaran yang dibuat khusus untuk memberikan penghargaan kepada maskapai penerbangan terbaik di dunia.

Pagelaran ini seperti pagelaran Oscar, tapi pada dunia penerbangan. Hal ini membuktikan bahwa Air Asia bukan hanya memberikan tiket murah saja kepada para penumpangnya melainkan juga memberikan pelayanan terbaik bagi penumpang.

Air Asia Lolos Audit Keselamatan Internasional

Fakta lainnya yang tidak diketahui orang banyak tentang Air Asia adalah maskapai penerbangan yang satu ini telah lolos melalui audit utama tentang keselamatan Internasional atau Air Transport Association Operation Safety Audit (IOSA) yang menjadi bukti bahwa Air Asia merupakan maskapai penerbangan yang sangat terjamin keselamatan dan keamanan.

Audit keselamatan wajib dilalui oleh seluruh maskapai penerbangan yang tergolong ke dalam Asosiasi Pengangkut Udara Internasional (IATA). Jika suatu maskapai penerbangan telah lolos audit keselamatan Internasional, dapat dikatakan bahwa catatan keselamatan maskapai tersebut empat kali lebih baik dibandingkan dengan maskapai yang belum lolos.

Air Asia Saat Ini Memiliki 174 Armada

Pada saat awal mula berdirinya, Air Asia hanya memiliki dua armada pesawat yang sudah sangat tua. Setelah 16 tahun berproses dan berkembang, Air Asia menjadi salah satu maskapai penerbangan tersukses di Malaysia dan kini telah memiliki 174 armada pesawat. Seluruh pesawat tersebut telah melayani sebanyak 225 rute yang mencakup 109 kota yang ada di 18 Negara di Asia.

Kesuksesan Air Asia ini tentunya berkat kerja keras dan strategi pemasaran yang sangat baik diterapkan. Jika pada awal pendiriannya Air Asia menggunakan pesawat yang sudah berumur, saat ini Air Asia menggunakan pesawat yang prima dan tergolong masih fresh.

Air Asia Memiliki 7 Anak Perusahaan

Fakta lainnya yang tidak banyak diketahui orang tentang Air Asia adalah bahwa Air Asia saat ini  memiliki 7 buah anak perusahaan yang tersebar di berbagai negara.

Ke-7 anak perusahaan tersebut di antaranya: Air Asia India yang berpusat di Bandara Internasional Kempegowda, Air Asia X yang berpusat di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Air Asia Jepang yang berpusat di Bandara Internasional Chubu Centrair, Indonesia Air Asia yang berpusat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Thai Air Asia yang berpusat di Bandara Internasional Don Mueang, dan Philippines Air Asia yang berpusat di Bandara Internasional Ninoy Aquino.

Air Asia Merupakan Sponsor Tim Sepak Bola

Fakta lain yang tidak banyak diketahui orang lain tentang Air Asia adalah bahwa Air Asia merupakan sponsor dari tim olahraga sepak bola. Tim sepak bola yang disponsori oleh Air Asia di antaranya Timnas Malaysia, Timnas Singapura, Jamshedpur FC, dan Queens Park Rangers. Air Asia juga pernah menjadi sponsor klub Manchester United dan Asia Red Tour.

Itulah beberapa fakta menarik tentang Air Asia yang perlu kamu ketahui. Jika kamu ingin pesan tiket Air Asia, Traveloka merupakan salah satu layanan yang menyediakan berbagai tiket pesawat dengan penawaran harga yang sangat murah. Kamu akan mendapatkan berbagai promo menarik dari Traveloka.

Rewriter: Muhammad Zakariya
Editor: Firman Ghazali Akhmadi
Tirto.ID
Loading...

Komentar