Muslimah, Ini 8 Cara Jitu Agar Tetap Hidup Sehat

Avatar of PortalMadura.com
Muslimah, Ini 8 Cara Jitu Agar Tetap Hidup Sehat
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Kesehatan merupakan nikmat luar biasa yang tidak terkira, oleh karena itu Anda diharuskan untuk selalu menjaganya. Sebab, sumber penyakit dari waktu ke waktu biasanya bertambah, sehingga setiap insan harus waspada.

Nah, salah satu bentuk untuk menghindari penyakit dengan cara menerapkan pola . Bagaimana cara penerapannya?. Menurut presfektif Islam yang dilansir Okezone.Com dikutip dari buku Bimbingan Islam Untuk Hidup Muslimah yang disusun DR. Ahmad Hatta, MA dkk, pada halaman 304, berikut caranya:

Memiliki Pengetahuan Tentang Dampak Suatu Penyakit

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memiliki pengetahuan. Pastinya jika seorang muslim mempunyai pengetahuan tentang dampak suatu penyakit, ia akan lebih waspada untuk melakukan langkah yang sekiranya tidak baik untuk kesehatannya.

Kemauan Yang Kuat

Setelah seorang muslim mengetahui tentang suatu penyakit, langkah yang harus diterapkan dalam diri Anda adalah kemauan yang kuat untuk menghindari penyakit.

Rutin Bangun Sebelum Subuh

Waktu subuh biasakan untuk memanfaatkannya dengan baik, misalnya ketika selesai salat dianjurkan jangan tidur lagi. Menurut buku Bimbingan Islam Untuk Hidup Muslimah yang disusun DR. Ahmad Hatta, MA dkk, waktu subuh adalah sangat tepat untuk terapi kesehatan khususnya di bagian tubuh paru-paru.

Rasulullah selalu mengajak setiap Muslim untuk bangun sebelum subuh, karena bangun ketika itu dapat menyehatkan pikiran dan menguatkan perasaan.

Menjaga Kebesihan Tempat Tinggal

Seperti yang sering diucapkan oleh para muslim tentang “An-Nadhafatu Minal Iman”, kebersihan adalah sebagian dari iman. Tubuh yang sehat berawal dari lingkungan yang sehat.

Rutin Berolahraga

Olahraga merupakan aktivitas yang sangat mudah dan manfaatnya juga luar biasa bagi kesehatan, salah satunya menurunkan lemak, mengurangi stres dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Maka, sering-seringlah bagi Anda untuk berolahraga karena di dalam tubuh yang sehat ada jiwa yang kuat.

Baca Juga3 Tips Memaksimalkan Anda saat Berolahraga

Menjaga Pola Makan

Kebutuhan tubuh manusia salah satunya butuh asupan makanan. Maka makanlah makanan yang sehat, khususnya yang mengandung empat sehat lima sempurna dan juga hindarilah makanan yang mengandung bahan pengawet.

Selalu Berpikiran Positif

Berpikir dengan cara positif dalam menghadapi setiap masalah Insya Allah akan membantu diri dari depresi atau stres.

Istirahat Yang Cukup

Di balik aktivitas yang padat jangan lupa untuk beristirahat. Aktivitas yang berlebihan akan mengakibatkan tubuh menjadi menurun. Namun, istirahat yang dimasud di sini bukan selalu banyak waktu untuk istirahat, akan tetapi dari kualitas istirahatnya itu. Sebagaimana Rasulullah yang hanya tidur empat jam setiap harinya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.