Ingin Masa Tua Bahagia? Hindari 5 Kesalahan Ini Ketika Memulai Dana Pensiun

Avatar of PortalMadura.com
Ingin-Masa-Tua-Bahagia-Hindari-5-Kesalahan-Ini-Ketika-Memulai-Dana-Pensiun
Ilustrasi (kompas.com)

PortalMadura.Com – Sudah seberapa banyak Anda menyiapkan ?. Kenyataannya, masih banyak orang yang belum menaruh perhatian pada persiapan dana pensiun. Kebanyakan mereka menganggap bahwa masih ada banyak waktu untuk mempersiapkannya.

Padahal, pandangan ini tidaklah dibenarkan, justru semakin dini Anda menyiapkan dana pensiun, maka masa tua Anda makin terjamin. Karena, selain bisa menikmati masa tua dengan nyaman tanpa harus memikirkan bagaimana mencari penghasilan, Anda pun jadi tidak bergantung pada orang lain, misalnya anak atau cucu.

Semua yang tidak terencana dengan baik tentunya berangkat dari kesalahan-kesalahan kecil yang kemudian membesar dan menjadi kebiasaan. Lantas, apa saja kesalahan itu?. Berikut ini akan dibahas mengenai beberapa yang membuat Anda jadi bangkrut ketika menginjak usia senja.

Tentu Anda tidak mau, kan? Makanya, simak yuk penjelasannya sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Senin (27/9/2021) dari laman Idntimes.com:

Merasa Tak Memiliki Uang untuk Menabung Dana Pensiun

Salah satu hal yang sering jadi alasan seseorang untuk sulit menabung, termasuk menabung dana pensiun, adalah tidak ada uangnya. Padahal, permasalahan sebenarnya terletak pada niat atau kemauan.

Kalau Anda sudah merasa dana pensiun itu penting, pasti akan ada jalan keluarnya. Misalnya, dengan menghemat makan siang. Yang biasanya jajan di luar, sekarang jadi bawa bekal dari rumah. Jika sehari saja, Anda bisa menghemat 15 ribu rupiah, selama 20 hari, Anda sudah bisa mengantongi 300 ribu rupiah, kan?.

Merasa Masih Banyak Waktu

Alasan ini yang umum menyebabkan banyak orang menunda-nunda menabung dana pensiun. Merasa sekarang masih muda, dan usia pensiun masih lama, jadi tidak merasa mendesak.

Tidak terasa, waktu terus bergulir. Dan ketika usia sudah mendekati pensiun baru sadar, kalau selama ini belum mempersiapkan dana untuk hari tua. Akibatnya, uang yang terkumpul hanya sedikit, dan tidak bisa menopang kebutuhan ketika masa pensiun tiba.

Pilihannya, cari kerja lagi (itu pun kalau ada), atau mengandalkan pemberian uang dari anak. Yakin, mau menjalani hari tua seperti itu?. Tidakkah Anda akan menyesal di kemudian hari?.

Ingin Menikmati Masa Muda Dulu

Wajar, kok, ketika masih muda, Anda ingin bersenang-senang. Namun, jangan sampai mengorbankan masa depan, dengan tidak memikirkan sama sekali besar pemasukan dan pengeluaran.

Jika penghasilan di masa muda selalu habis untuk leha-leha, nanti di masa depan baru terasa dampaknya. Ketika yang lain sudah punya rumah serta berbagai aset, Anda masih mengandalkan gaji bulanan.

Saat yang lain mampu menikmati masa pensiun dengan santai dan gembira sambil bercengkerama dengan anak cucu, Anda masih berkutat untuk cari penghasilan demi kebutuhan sehari-hari.

Berpikir Setelah Pensiun akan Tetap Bekerja

Optimis boleh, tapi tetap harus realistis dan mempertimbangkan semua hal dengan matang. Tidak ada yang melarang untuk tetap bekerja setelah masa pensiun. Hanya saja, Anda mesti sadar diri, bahwa di usia senja, tenaga sudah beda. Anda gak bisa lagi seperti masih muda.

Lagipula, itu pun kalau memang ada perusahaan yang masih mempekerjakan Anda. Kalau tidak? Jadi, berharap harus yang terbaik. Namun, jangan lupa mempersiapkan apabila terjadi hal yang terburuk.

Mengandalkan Pesangon dari Perusahaan

Perusahaan memang menyediakan pesangon dengan jumlah yang cukup besar ketika Anda pensiun nanti. Namun, jangan dilupakan, sebesar apa pun jumlah uangnya, kalau cuma dihabiskan, tanpa ada pemasukan, akan ludes juga.

Ini yang kadang disesali oleh karyawan yang sudah menginjak usia senja. Saat diberi pesangon, baru kepikiran membuka bisnis dari dana pensiun tersebut. Karena belum ada pengalaman, banyak yang kemudian berakhir gulung tikar. Dana pensiun habis, sementara pekerjaan sudah tidak punya. Ruwet, kan?.

Intinya, Anda harus menyisihkan sebagian uang untuk tabungan masa tua, memang tidak mudah. Namun, upaya Anda saat ini, akan berbuah bahagia. Di masa tua, Anda sudah punya dana memadai untuk menopang gaya hidup, meski sudah tidak lagi bekerja. Masa tua Anda jadi nyaman dan bebas stres pikiran!.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.