Ingin Radiator Sepeda Motor Anda Lebih Awet? Yuk, Intip tips Berikut!

Avatar of PortalMadura.Com
Ingin Radiator Sepeda Motor Anda Lebih Awet? Yuk, Intip tips Berikut!
ilustrasi

PortalMadura.Com – Iklim yang tidak stabil disertai hujan yang turun secara deras, dapat menimbulkan masalah pada komponen-komponen motor tertentu. Salah satunya yang dapat bermasalah adalah radiator yang bertugas menjaga suhu mesin agar tetap stabil.

Radiator merupakan salah satu komponen yang memiliki peranti penting pada . Posisi radiator pada sepeda motor sport berada di bawah tangki bensin. Posisi ini lebih aman dibandingkan pada skuter matik yang radiatornya berada di kanan bawah dekat knalpot. Posisi radiator pada skuter matik memang sangat rentan, karena mudah kena percikan air atau kotoran.

Namun pada dasarnya motor sport atau matik, harus sering dilakukan perawatan radiator agar mesin tidak overheat. Apalagi pada musim hujan, yang di mana biasanya motor akan lebih kotor, maka radiator harus sering dibersihkan.

Berikut empat mudah merawat radiator agar lebih awet:

Cek Penampung (Reservoir) Cairan Cadangan
Untuk skutik berada di balik jok, sedangkan sepeda motor sport di sisi kiri. Jangan sampai kering, lakukan pengecekan minimal seminggu sekali. Isi cadangan cairan sesuai batas upper dan lower.

Cairan Radiator Harus Menggunakan Cairan Khusus (Coolant)
Hal ini karena cairan radiator mengandung bahan pencegah karat, kerak, mengurangi penguapan dan stabilitas suhu. Jangan menggunakan air murni, karena tidak memiliki sifat seperti coolant.

Bersihkan Secara Rutin
Apalagi setelah terendam banjir. Kotoran yang menempel pada kisi-kisi membuat sirkulasi udara terganggu. Untuk membersihkannya cukup semprot dengan air bertekanan sedang. Jangan terlalu kencang, karena bisa merusak kisi-kisi. Untuk kotoran yang membandel, cabut secara manual alias menggunakan tangan atau pinset.

Karet Tutup Radiator Harus Diperiksa Secara Berkala
Pemeriksaan pada karet tutup radiator setiap 8.000 kilometer. Pengecekan cukup dilakukan dengan melihat kondisi reservoir. Jika isi tangki cadangan berkurang dengan cepat, berarti ada masalah pada sistem pendingin. (viva.co.id/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.