oleh

Ingin Tahu Julukan Pusaka Keraton Sumenep? Yuk Simak Disini!

PortalMadura.Com – Keraton Sumenep dikenal menyimpan banyak kekayaan tradisi dan budaya yang sangat menawan. Salah satunya kekayaan yang dimiliki adalah keris pusaka. Senjata keris pusaka di Sumenep ini terkenal berkualitas tinggi. Baik dari segi pamor, besi, bentuk, hingga yang sifatnya mistis, yakni tuahnya.

Keris pusaka di Sumenep sebagian kecil ternyata memiliki julukan atau berjuluk. Nama julukan itu biasanya disesuaikan dengan maksud pembuat pusaka atau didasarkan pada kejadian luar biasa yang disebabkan oleh pusaka tersebut.

Ada puluhan pusaka yang berjuluk, di antaranya, Nogo Besuki, Tondung Perrang, Se Dhamar, Se Serrang Lebat, dan Se Lajing, Se Saang, Se Cena Mabuk, Se Laden, Se Jarum Kerras, Se Parot, Se Sopenna, Se Sonar, Se Tambak, Se Lendhu, Se Komala, Se Megantara.

Disamping itu juga ada yang disebut Se Rendheng, Se Serang Dayu, Se Malias, Se Tamoni, Se Daddhali, Se Banjir, Se Pandita, Se Pangkat, Se Jarum Paet, Se Setan Dunnya, dan  Se Salamet atau Se Wahyuningsih.

Pusaka yang berjuluk itu jelas memiliki nilai sejarah, sekaligus nilai komersil yang lebih tinggi. (infopublik.id/choir)


Komentar