oleh

Ingin Tahu, Mengapa Kita Tidak Merasakan Rotasi Bumi? Yuk Simak!

PortalMadura.Com – Kita tahu bahwa bumi berputar pada porosnya dengan kecepatan 1.600 kilometer per jam, tetapi mengapa kita tidak merasakan gerak itu?

Jelas, ini dikarenakan bumi selalu bergerak dengan kecepatan konstan. Sekarang kamu bayangkan ketika sedang di atas sebuah pesawat yang sedang mengudara. Kecepatan rata-rata sebuah pesawat penumpang jarak jauh saat ini adalah 475-500 knots, atau sekitar 878-926 km/h.

Saat pesawat tersebut berada pada kecepatan tetap dan stabil, apakah kamu merasakan bahwa kamu sedang bergerak dengan kecepatan begitu tinggi? Jawabannya adalah tidak. Kamu bisa tetap duduk tenang, bahkan tertidur di kursimu.

Lebih jauh lagi, ketika seorang pramugari datang dan memberikan segelas minuman, apakah air di gelas tersebut berguncang? Jawabannya adalah tidak. Mengapa? Karena pesawat sedang bergerak pada kecepatan yang tetap, alias konstan. Dan kamu, pramugari, gelas, air, kursi dan seisi pesawat bergerak bersama dalam kecepatan yang sama.

Berbeda halnya jika pesawat tersebut menambah atau mengurangi kecepatan. Barulah kamu akan merasakan pergerakan. Mungkin kamu akan sedikit terhentak atau terdorong ke belakang. Hukum ini juga berlaku pada planet bumi.

Bayangkan, apabila kecepatan perputaran bumi berkurang atau bertambah juga sedikit saja, sudah pasti banyak bencana yang terjadi di bumi.

Demikian juga, Bumi bergerak dengan konstan, dan kita semua bergerak bersama dengan Bumi, dan itulah mengapa kita tidak merasakan putaran rotasi Bumi. Jika putaran Bumi lebih cepat atau melambat secara tiba-tiba, kamu pasti akan merasakannya. (berbagaisumber/choir)


Tirto.ID
Loading...

Komentar