oleh

Ingin Terlindung dari Fitnah Dajjal? Ini 4 Caranya

PortalMadura.Com – Dajjal merupakan seorang laki–laki pendek, berkaki bengkok, keriting, buta sebelah mata, terhapus mata, tidak menonjol dan tidak bermata cekung. Kemunculannya akan memporak–porandakan bumi dan seisinya karena seluruh penjuru negeri dapat dikunjungi dajjal kecuali Makkah dan Madinah.

Menjelang kiamat fitnah dajjal akan melanda dunia. Untuk mempengaruhi manusia, dajjal akan menggunakan kekuatannya, menghidupkan orang mati, menurunkan hujan, memberikan kesuburan pada tanaman.

Dari Samurah, Rasulullah bersabda dalam khotbahnya sewaktu terjadi gerhana matahari: “Demi Allah! Kiamat tidak akan terjadi hingga muncul 30 orang pendusta, yang diakhiri oleh pendusta bermata satu (Dajjal).” (HR. Ahmad)

Para ulama berpendapat bahwa tidaklah seorang Nabi di mana pun berada dari zaman Nabi Adam ‘alaihis salam hingga Rasulullah, semuanya sudah memperingatkan bahayanya fitnah dajjal.

Dari Anas bin Malik dalam kitab Muslim bahwa Rasulullah bersabda: “Tidak setiap makhluk itu dari zaman Nabi Adam sampai akhir zaman, fitnah yang terbesar yaitu fitnah dajjal.”.

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman okezone.com, berikut beberapa cara menghindari fitnah dajjal.

Berpegang Teguh dengan Nabi Muhammad

Dikisahkan, ketika Nabi Muhammad sedang duduk bersama sahabat – sahabatnya yang sedang berbincang mengenai dajjal. Lalu, seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah tentang bagaimana cara untuk menghindari fitnah Dajjal.

Kemudian, Rasulullah mengatakan: “Berpegang teguhlah kepada ajaran Allah. Dajjal berada di Bumi selama 40 hari yang dimana satu hari terasa seperti satu tahun dan dalam sehari ia bisa ke seluruh penjuru dunia kecuali Mekah dan Madinah. Kecepatan ia dalam mengunjungi seluruh penjuru bumi bagaikan hujan yang lebat kemudian dihembuskan oleh angin.”

Ada seorang mukmin yang datang kepada Dajjal dan mengatakan dengan keras, “Saya ingin bertemu Dajjal musuhnya Allah dan saya ingin bertemu penipu penyihir ini!” Maka bala tentara Dajjal berkata kepada orang tersebut, “Buat apa engkau ingin menemui Tuhan kami, mengapa engkau tidak beriman kepada Tuhan kami?” Maka dia dipukuli oleh bala tentara Dajjal di punggungnya, lututnya, dan semua anggota badannya.

Setelah dipukuli dan diikat, barulah bala tentara membawa dirinya kepada Dajjal. Lalu orang mukmin tersebut berteriak, “Jangan kalian ikuti!” Kemudian Dajjal marah dan mereka menggergaji mukmin dari kepalanya hingga terbelah. Lalu badannya dipisahkan dan Dajjal melewati tubuh mayit mukmin tersebut dan menghidupkannya kembali dan berkata, “Bangkitlah engkau.”

Dengan sihirnya dajjal, tubuh mukmin tersebut bersatu kembali. “Bagaimana, apakah engkau sudah beriman kepadaku?” kata Dajjal. “Aku semakin yakin bahwa kau ini bukan Tuhan,” kata mukmin tersebut.

Kemudian ketika Dajjal hendak menggergajinya lagi, Allah kirimkan besi seperti tembaga sehingga Dajjal tidak bisa memotongnya lagi. Karena tidak berhasil, maka Dajjal mengambil kaki mukmin tersebut dan melemparnya ke Neraka kata para pengikutnya. Tetapi tidak, apa yang dilakukan Dajjal adalah kebalikan bagi umat muslim maka Allah menempatkannya di Surga.

Baca Doa Setelah Tasyahud Akhir Sebelum Salam

Setelah membaca tasyahud akhir, sebelum salam berdoalah untuk meminta perlindungan dari fitnah dajjal.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah bersabda: Artinya, “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, aku berlindung kepada-Mu dari fitnah al – Masih Dajjal, aku berlindung kepada-Mu dari fitnah kehidupan dan sesudah mati. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan dosa dan kerugian.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Jangan Sampai Bertemu Dengannya

Karena besarnya fitnah Dajjal, maka menghindarlah darinya. Jika ia hadir ke dalam suatu negeri maka pergilah menjauh.

Nabi Muhammad bersabda: “Siapa yang mendengar keberadaan Dajjal, hendaknya dia menjauh darinya. Sungguh demi Allah ! Ada seorang mendatanginya dalam keadaan dia mengira bahwasanya dia itu beriman, namun pada akhirnya dia malah menjadi pengikutnya, disebabkan syubhat–syubhat yang dia sampaikan.” (HR. Ahmad)

Dalam hadis lain, Nabi menerangkan: “Sungguh orang – orang saat Dajjal keluar nanti akan melarikan diri menghindari darinya, sampai ke gunung–gunung.” (HR. Muslim)

Bacalah Surah Al–Kahfi

Memasuki Jumat, dianjurkan untuk melakukan amalan–amalan sunah sesuai yang diajarkan oleh Nabi Muhammad. Salah satunya membaca Surat al–Kahfi yang dapat menyinari manusia pada dua jumat dan melindungi diri dari fitnah Dajjal.

Rasulullah bersabda: “Barangsiapa yang hafal sepuluh ayat dari permulaan Surah Al–Kahfi niscaya ia dipelihara dari Dajjal.”

Dalam hadis lain disebutkan, Barangsiapa yang menemuinya dari Kamu, maka hendaklah ia membaca pembuka Surah Al–Kahfi.” (HR. Muslim nomor 8009 dan nomor 2937)

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Okezone.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.