Ingin Tolong Orang Tua di Akhirat? Lakukan 6 Amalan Ini

  • Bagikan
Ingin Tolong Orang Tua di Akhirat? Lakukan 6 Amalan Ini
Ilustrasi (IDN Times)

PortalMadura.Com – Seorang anak harus berbakti pada orang tua. Karena begitu besar pengorbanan ayah dan ibu untuk membesarkan, menjaga, mengajari anak-anaknya. Bahkan sepertinya tidak ada hal atau apapun yang bisa membayar apa yang orang tua lakukan untuk anak-anaknya. Tugas anak hanyalah membuat orang tua senang, bangga dan bahagia.

Namun, bagaimana jika orang tua sudah wafat? Menurut Ustadz Abdul Somad, ada beberapa amalan yang bisa dilakukan anak agar orang tuanya bahagia di akhirat. Lantas amalan apa itu? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman okezone.com, berikut ini penjelasannya:

Doa

Amalan pertama adalah berdoa untuk memohon ampun atas dosa yang mungkin pernah diperbuat orangtua. Selain itu, doakan juga agar orangtua dimasukan ke surga-Nya.

“Ya Allah, ampunilah dosaku dan dosa kedua orangtuaku. Kasihanilah keduanya sebagaimana mereka mengasihi aku sewaktu masih kecil.”

Membaca Ayat-ayat Suci Alquran

Jangan malas membaca ayat-ayat suci Alquran. Niatkan khatam Alquran untuk orang tua yang sudah wafat.

Sedekah

Lakukanlah sedekah agar pahalanya bisa sampai kepada orang tua di akhirat. Hal ini juga sesuai dengan anjuran dari Nabi Muhammad SAW. Sedekahkan sesuatu yang berguna untuk masyarakat sekitar.

Kurban

Saat hari raya Qurban atau Idul Adha, berkurbanlah atas nama orang tua yang telah wafat.

Haji

Jika orang tua semasa hidup belum sempat menunaikan ibadah haji. Lakukanlah badal haji untuk orang tua. Badal haji sendiri berarti ibadah haji yang dilaksanakan atas nama orang lain.

Puasa

Utang puasa harus dibayar tuntas. Sebagai anak, kalau semasa hidup orang tua masih memiliki utang puasa, harus segera dibayarkan. Begitulah enam amalan yang insyaAllah mampu membantu ayah atau ibu yang telah dipanggil lebih dulu oleh-Nya. Semoga dengan amalan ini para orang tua yang sudah meninggal dapat dimasukkan ke dalam surga Allah SWT. Aamiin Allahumma aamiin.

Wallahu a’lam bishawab.

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.