Ini 10 Makanan yang Mengandung Protein Lebih Tinggi Dibandingkan Telur

  • Bagikan
kacang edamame
ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu makanan yang mengandung protein tinggi di dalamnya yaitu telur. Karena dalam sebutir telur mengandung 6 gram protein dan berbagai macam vitamin dan mineral. Sehingga, mengonsumsi sebutir telur cukup memenuhi apa yang dibutuhkan tubuh.

Namun, selain telur ada juga beberapa bahan makanan yang juga mengandung protein tinggi. Apa saja?. Berikut penjelasannya:

Kacang Hijau
Kacang hijau banyak digunakan sebagai olahan makanan manis di Indonesia. Kacang ini begitu tinggi akan protein dan nutrisi lainnya seperti potassium, zat besi, vitamin C, dan serat.

Chickpeas
Chickpeas tidak hanya tinggi protein namun juga nutrisi sehat yang mampu merangsang tubuh untuk menghasilkan hormon penekan rasa lapar yaitu cholecystokinin sehingga mengonsumsinya secara teratur akan membuatmu terhindar dari kebiasaan untuk makan berlebihan. Selain itu, chicpeas juga berkhasiat untuk mengurangi peradangan usus karena konsumsi gula.

Kacang Edamame
Ngemil kacang edamame sangatlah sehat. Sebab, kacang ini tinggi protein serta asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk membangun otot.

Keju Cheddar
Keju cheddar tidak hanya berfungsi untuk melezatkan makanan saja. Namun keju ini juga tinggi protein, lemak sehat, vitamin D, serta kalsium di dalamnya.

Kacang Hitam
Kacang hitam banyak ditambahkan dalam makanan Meksiko seperti taco atau burrito untuk menambah rasa lezat masakan. Setiap cangkir dari kacang hitam berisi 7,3 gram protein, lemak sehat, dan antosianin yang bisa meningkatkan fungsi otak.

Kacang Merah
Kacang merah juga banyak dikonsumsi di Indonesia. Kacang merah begitu tinggi serat dan protein yang bisa mengurangi kadar gula darah sehingga baik untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Selai Kacang
Selai kacang sering dikonsumsi mereka yang vegetarian namun butuh asupan protein. Setiap 2 sendok makan selai kacang mengandung 8 gram protein.

Biji Chia
Biji chia juga populer sebagai makanan super sehat. Selain kaya serat, biji chia tinggi protein.

Quinoa
Quinoa sering diibaratkan sebagai butiran beras bebas gluten. Tidak hanya kaya serat, quinoa mengandung protein lengkap seperti asam amino esensial dan L-arginine yang dibutuhkan tubuh untuk membangun otot.

Susu
Susu adalah minuman tinggi protein yang disarankan untuk Anda minum sehari-hari. Susu juga mengandung asam lemak, kalsium, dan omega 3 yang penting untuk mendukung kesehatan tubuh.

Protein memegang peranan penting bagi tubuh untuk mendukung kesehatan otot, mengatur enzim, dan fungsi lainnya. Oleh karena itu penuhi kebutuhan protein dalam tubuh dengan rajin mengonsumsi makanan sehat di atas. (merdeka.com/Desy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.