Ini 10 Makhluk Mistis yang Disangka Pernah Ada di Dunia Nyata

Avatar of PortalMadura.Com
Ini 10 Makhluk Mistis yang Disangka Pernah Ada di Dunia Nyata
ilustrasi

PortalMadura.Com – Beberapa bentuk ‘monster’ yang kerap muncul dalam film fantasi atau fiksi memang menakutkan. Bahkan, beberapa penelitian sering dilakukan terkait keberadaan itu.

Sebagian orang ada yang mempercayai bahwa makhluk itu benar-benar ada. Namun, sebagian lainnya tidak. Nah, berikut ini beberapa makhluk mistis yang diduga ada di . Penasaran?.

Berikut ulasannya:

Naga
Naga merupakan salah satu makhluk mistis populer yang sering ditampilkan dalam cerita rakyat, film fantasi, ataupun novel fiksi.

Makhluk itu digambarkan sebagai sosok bertubuh besar, memiliki sayap ada juga yang tanpa sayap dan dapat menyemburkan api.

Biasanya dalam cerita fiksi, naga diklasifikasikan menjadi dua tipe, baik dan jahat.

Naga jahat menyerang manusia dan menyebabkan kerusakan, sementara yang baik menjadi ‘pelindung’ dan sahabat manusia.

Walaupun belum ada bukti nyata yang menyebutkan bahwa makhluk itu nyata, ada yang mengatakan bahwa komodo merupakan keturunan naga dalam ukuran yang lebih kecil.

Tentunya juga tanpa nafas yang bisa menyemburkan api dan kemampuan terbang.

Hobbits
Penelitian terbaru terhadap asal usul manusia menemukan sebuah teori baru yang mengatakan bahwa di Indonesia ditemukan fosil manusia yang dikenal dengan sebutan Hobbits.

Hobbits sendiri sebenarnya nama yang diberikan oleh seorang novelis, J.R.R Tolkien. Manusia yang memiliki kerangka kaki lebih besar dan badan lebih pendek itu dipopulerkan dalam film fantasi ‘Lord of the Ring’.

Penemuan kerangka di Pulau Flores disebut-sebut terlihat seperti Hobbits yang berasal dari 12 ribu tahun yang lalu.

Kraken
Monster laut dengan belasan tentakel ini hidup di dasar Samudera. Kraken merupakan makhluk mistis yang populer dalam cerita Hercules, Son of Zeus.

Kraken digambarkan sebagai makhluk laut mirip gurita dengan kepala yang lebih terlihat seperti monster mengerikan dan suka memangsa kapal-kapal yang berlayar di wilayah kekuasaannya, Greenland Sea.

Kraken juga diceritakan sebagai monster laut yang memiliki umur sangat panjang, bahkan bisa mencapai ribuan tahun.

Legenda Kraken hidup selama ribuan tahun. Meski terdengar fiksi, Kraken muncul dalam buku sejarah alam Norwegia, ‘Natural History of Norway’ terbitan tahun 1752 yang dikarang Uskup Borgen, Erik Pontoppidan.

Pada 2011, para peneliti mengklaim menemukan bukti bahwa mahluk mistis itu benar-benar ada. Adalah Mark McMenamin, paleoantologis dari Mount Holyoke College, Massachusetts, yang mengaku menemukan sisa-sisa mahluk laut, di mana Kraken diduga kuat berada di balik kematian mereka.

McMenamin mengatakan, bukti keberadaan Kraken yang panjangnya bisa mencapai 30 meter berasal dari bekas luka menganga yang ada di tubuh reptil laut raksasa predator, ichthyosaur yang besarnya mirip bus sekolah. Mahluk itu tenggelam dengan kondisi leher patah.

Hasil temuan itu dipresentasikan dalam pertemuan tahuan Geological Society of America di Minneapolis. Peneliti mengklaim, dasar teorinya adalah, lokasi fosil dan tanda hisapan pada tulang . Sementara para kritikus menganggap, klaimnya itu tidak lebih dari sekedar dugaan.

Teori itu muncul saat McMenamin mulai meneliti sembilan sisa-sisa ichthyosaur dari spesies Shonisaur di Berlin-Ichthyosaur State Park di Nevada.

Amazons
Jika Anda merupakan pencinta film anime atau kartun One Piece, tentunya Anda pernah mendengar nama Amazon.

Nama Amazon sering dikaitkan dengan keberadaan kelompok prajurit wanita yang tinggal jauh di dalam hutan, tanpa kehadiran lelaki di antara mereka.

Para perempuan tangguh ini dipercaya sangat membenci kaum pria. Walaupun begitu, para prajurit itu tetap akan ‘menangkap’ beberapa kaum Adam untuk melanjutkan keturunan Amazon.

Para perempuan itu dideskripsikan sebagai kelompok ahli memanah, memanjat pohon, dan sangat jago bela diri.

Walaupun begitu, tidak ada catatan dalam sejarah, buku, maupun cerita yang menjelaskan mengenai kepunahan kaum ini.

Serigala Raksasa
Serigala berbadan ‘raksasa’ yang dimiliki oleh keluarga Stark dalam film Game of Thrones, ternyata bukanlah binatang fiksi belaka.

Walaupun tidak berukuran sangat besar seperti di dalam cerita, serigala dire (Direwolf)merupakan jenis yang telah punah.

Direwolf merupakan jenis serigala yang hidup di Amerika Utara dan termasuk dalam keturunan gen Canis.

Jenis ini dikategorikan sebagai hewan yang sangat menakutkan dan sering disebut sebagai ‘anjing galak’.

Hewan ini memiliki tubuh yang sama besar dengan serigala abu-abu, hanya saja lebih besar.

Scylla dan Charybdis
Scylla dan Charybdis merupakan dua monster yang tinggal di jurang laut sempit di antara Italia dan Sicily.

Legenda mengatakan Odysseus pernah berlayar melintasi Strait of Messina, dan berhadapan dengan kedua makhluk mistis itu di tepi pantai teluk.

Scylla adalah monster yang memangsa musuhnya yang berada di daratan, sementara Charybdis membuat pusaran air di dalam laut untuk menenggelamkan kapal.

Bersekers
Berserk dipercaya sebagai sosok prajurit ‘barbar’ yang telah kehilangan sifat kemanusiannya. Mereka menjadi mesin pembunuh yang tidak kenal ampun dan belas kasihan.

Walaupun begitu, dalam mitologi Norse, berserk merupakan pasukan penjaga kerajaan dan bangsawan. Mereka digambarkan sebagai prajurit tanpa baju atau mengenakan kulit serigala atau beruang.

Berserk sering dikisahkan sebagai sosok penjahat dalam cerita atau legenda. Mereka memerkosa dan membunuh setiap warga yang berada dalam cengkeraman tangan besar berkuku panjangnya.

Sejarah mencatat, berserk merupakan pengawal pribadi Raja Norwegia, Haralad I Fairhair pada 872-930 Masehi.

Dwarka
Khrisna merupakan dewa bagi pemeluk agama Hindu. Dewa itu dianggap sebagai reinkarnasi dari Wisnu dan Khrisna juga yang menulis Bhagavad Gita.

Khrisna merupakan penguasa Dwarka hingga kota itu ‘dilahap’ laut dan menghilang.Hingga abad 20 ‘kota hilang’ itu dianggap sebagai sebuah mitos, cerita yang dibuat-buat.

Namun baru-baru ini arkeolog menemukan sebuah kota di dalam air yang diyakini adalah Dwarka. mereka juga mengkonfirmasi bahwa kota ‘hilang’ itu dulunya diperintah oleh seseorang bernama Khrisna.

Moby Dick
Moby Dick merupakan kisah populer yang berasal dari novel dan diangkat ke dalam film yang berjudul ‘In the Heart of the sea’.

Kisah itu menceritakan tentang paus sperma putih yang sangat besar hidup di dasar lautan. Tidak banyak yang percaya bahwa paus itu benar-benar ada.

Ular Naga atau Imoogi
Imoogi adalah makhluk mistis yang sering muncul dalam legenda Korea. Imoogi atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan sebutan ular naga, merupakan jenis ular piton yang dipercaya merupakan ‘reinkarnasi’ naga.

Legenda mengatakan ‘monster’ itu hidup di dalam gua selama beratus-ratus tahun, sebelum mereka berubah menjadi naga yang sesungguhnya.

Baru-baru ini seekor piton besar yang memiliki ciri-ciri yang sama dengan Imoogi ditemukan di Afrika Selatan, bukan di Korea.

Hewan itu sepanjang 15 meter dan berat sekitar 1 ton. Imoogi itu diberi nama Titanoba.(liputan6.com/Desy )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.