Ini 3 Fakta Ayat Kursi yang Perlu Umat Islam Ketahui

Avatar of PortalMadura.com
Ini 3 Fakta Ayat Kursi yang Perlu Umat Islam Ketahui
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu ayat yang sering dibaca umat Islam yaitu . Biasanya bacaan ini menjadi wirid setelah salat lima waktu. Mengapa demikian? Karena ayat yang menjabarkan tentang kursi Allah SWT yang meliputi langit dan bumi ini mempunyai beberapa rahasia istimewa. Lantas apa saja fakta yang terkandung pada ayat ke-255 surah Al-Baqarah ini?

Berikut ini penjelasannya:

Pertama, ayat ini merupakan salah satu ayat Alquran nan agung yang ditegaskan langsung Rasulullah SAW
Dalam sebuah hadis riwayat Ahmad, Muslim, Abu Dawud dan al-Hakim, Rasulullah pernah berkata kepada Ubai bin Ka'ab: “Wahai Abu al-Mudzir (gelar dari Ubai bin Ka'ab), apakah engkau tahu ayat Alquran yang dengannya engkau lebih besar? Aku ( Ubay bin Ka'ab) menjawab,”Allah dan Rasul-Nya lebih paham.” Rasul menjawab,”Yaitu ayat kursi.” Ubai lantas mengisahkan Rasul lalu menepuk dadanya dan berkata,”Semoga ilmu senantiasa menghampirimu.”

Kedua, selain dikenal dengan sebutan ayat kursi, ayat ini juga mempunyai nama lain yaitu Pemimpim Ayat-Ayat Alquran (sayyidat ayy Alquran)
Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, Rasul bersabda,”Tiap segala sesuatu mempunyai jantung, dan jantung Alquran adalah al-Baqarah. Kemudian tiap sesuatu mempunyai pemimpin, dan pemimpin ayat-ayat Alquran adalah ayat kursi.”

Ada juga nama lain ayat kursi yaitu ayat penakluk (al-fath), ayat keberkahan (al-barakat), ayat yang disucikan (al-muqaddasah), ayat tauhid, dan ayat para peminta pertolongan (al-mustaghitsin).

Baca Juga: Bawa Sabu, Warga Nyabakan Timur Diringkus Polres Sumenep

Ketiga, membaca ayat kursi akan memberikan khasiat nyata di antaranya yaitu membaca ayat ini akan membantu mengabulkan hajat dan keinginan agar tercapai.

Menurut Qatadah, di antara rahasia mengapa khasiat ayat kursi begitu dahsyat karena dalam ayat ini terdapat lima nama (asma') Sang Khaliq yang agung yaitu Allah, al-Hayy, al-Qayyum, al-‘Aliyy, al-Adhim. (repubilka.co.id/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.