Ini 3 Keistimewaan Malam Lailatul Qadar yang Perlu Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.com
Ini 3 Keistimewaan Malam Lailatul Qadar yang Perlu Anda Ketahui
ilustrasi

PortalMadura.Com – Ramadan merupakan bulan yang penuh rahmat dan ampunan. Di mana umat muslim diwajibkan berpuasa selama sebulan penuh. Namun tahukah Anda, bahwa ada satu malam di bulan Ramadan yang digambarkan dalam Alquran sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan?. Ya, yaitu malam .

Lailatul Qadar atau Lailat Al-Qadar dalam bahasa Arab artinya malam ketetapan. Satu malam penting yang terjadi pada bulan Ramadan. Pada malam itu juga diperingati sebagai malam diturunkannya Alquran.

Semua umat muslim di dunia menginginkan malam Lailatul Qadar. Sebab, pada malam Lailatul Qadar disebutkan siapa pun yang mendapatkannya maka dia akan menerima keberkahan, dosa-dosanya diampuni dan permohonannya dikabulkan.

Sayangnya, malam Lailatul Qadar datang dengan waktu yang tidak diduga, tetapi terdapat tanda-tandanya berdasarkan hadis dan pendapat ulama. Untuk itu, umat muslim diharapkan bisa mendapatkan malam yang sangat istimewa ini.

Berikut tiga keistimewaan malam Lailatul Qadar:

Malam Diturunkannya Alquran
“Sesungguhnya Kami menurunkan Alquran pada malam Lailatul Qadar, tahukah engkau apakah malam Lailatul Qadar itu? Malam Lailatul Qadar itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turunlah malaikat-malaikat dan Jibril dengan izin Rabb mereka (untuk membawa) segala urusan. Selamatlah malam itu hingga terbit fajar.” (Al Qadar : 1-5).

Malam Penuh Keberkahan
“Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan.” (QS. Ad Dukhon: 3). Malam penuh berkah ini adalah malam Lailatul Qadar.

Diampuninya Dosa-dosa bagi yang Mendapatkannya
Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda: “Barangsiapa melaksanakan salat pada malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni” (HR. Bukhari no. 1901). (okezone.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.