Ini 4 Penyebab Lidah Mati Rasa yang Wajib Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.com
penyebab lidah mati rasa
penyebab lidah mati rasa
    Bagikan:

PortalMadura.Com -Anda bingung apa penyebab lidah mati rasa, padahal lidah merupakan salah satu panca indera dari sistem pencernaan. Sayangnya, terkadang alat pengecap ini bisa mati rasa alias sulit merasakan rasa dari makanan.

Biasanya, hal ini terjadi akibat mengonsumsi alkohol, penggunaan obat tertentu termasuk narkotika, dan pasca-operasi karena anestesi.

Akan tetapi, efek dari operasi, alkohol, dan obat atau zat tertentu akan terjadi dalam jangka pendek. Pada kasus tertentu, lidah mati rasa juga dapat bersifat permanen karena adanya kerusakan jaringan atau saraf pada lidah.

Penyebab Lidah Mati Rasa

Berikut empat kondisi yang menjadi penyebab  lidah mati rasa:

Keracunan

Zat beracun yang dapat ditemukan dalam makanan laut seperti ikan dan belut dapat menjadi penyebab lidah mati rasa dan juga kesemutan. Biasanya zat beracun ini ditemukan pada kulit, hati, dan indung telur ikan.

Pasca-operasi Gigi

Mati rasa pada lidah, bibir, dan bagian dalam mulut bisa terjadi karena proses anestesi pasca-operasi gigi. Biasanya kondisi ini hanya terjadi sementara dan tidak berakibat fatal. Jadi apkah anda sebelumnya melakukan operasi gigi? mungkin itu penyebab lidah mati rasa yang anda alami saat ini.

Baca Juga:  Bersama PDIP dan SAI, Pendaftar Operasi Mata Katarak Gratis Tembus 348 Orang

Infeksi

Virus herpes mulut, virus cacar, dan herpes zoster menjadi penyebab dari lidah mati rasa. Infeksi ini umumnya diawali dengan sariawan yang parah.

Kelebihan Vitamin dan Mineral

Ketidakseimbangan vitamin dan mineral pada tubuh juga menyebabkan lidah mati rasa. Kelebihan dan kekurangan kalsium, natrium, kalium, dan vitamin B12 juga berhubungan dengan penyebab lidah mati rasa.

Nah, jika lidah Anda mati rasa karena gejala tertentu dan tidak memerlukan perawatan khusus Anda bisa mengatasi sendiri di rumah. Namun, kalau ternyata gejalanya berkepanjangan, sebaiknya langsung periksa ke dokter.

Cara Mengobati Lidah Mati Rasa

Terdapat beberapa cara mengatasi lidah mati rasa secara alami yang bisa Anda coba. Di antaranya adalah menggunakan es batu berukuran kecil untuk dihisap di dalam mulut selama beberapa menit.

Baca Juga:  Bersama PDIP dan SAI, Pendaftar Operasi Mata Katarak Gratis Tembus 348 Orang

mengobati lidah mati rasa

Dinginnya es batu dan melelehnya air bisa membuat gangguan lidah mati rasa ini menghilang—sekaligus mengatasi efek dahaga yang biasanya menyertai masalah lidah mati rasa.

Selain es batu, Anda juga bisa menggunakan susu dingin yang dicampur dengan madu. Satu cangkir susu bisa dicampur dengan satu sendok madu. Anda bisa meminumnya sedikit demi sedikit hingga kondisi lidah mati rasa atau rasa terbakar pada lidah hilang.

Susu dingin dan madu dipercaya mampu membuat sirkulasi darah yang menuju ke lidah menjadi normal kembali. Disamping itu, kandungan vitamin B12 nya pun diyakini mampu membuat fungsi lidah menjadi normal kembali.

Semoga informasi penyebab lidah mati rasa diatas dapat membantu anda menemukan solusi pengobatan yang akan anda lakukan. Namun pesan kami, selalu konsultasikan semua gejala dan langkah pengobatan kepada dokter pribadi anda. Kami hanya menyakikan informasi saja, untuk pengobatan kami sarankan kepada para tenaga medis profesional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.