Ini 5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Beli Meja Makan

Avatar of PortalMadura.Com
Ini 5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Beli Meja Makan

PortalMadura.Com – Meja makan merupakan unsur utama yang mengisi ruang makan dan harus dipilih dengan pertimbangan yang tepat.

Maka dari itu, sebelum membeli meja makan, kamu simak dulu tips dari PortalMadura berikut ini yaa..

Jangan Salah Ukuran
Ini nih hal paling mendasar yang harus kamu tahu! Kalau ruang makannya cukup luas, tentu bebas banget pilih model apa aja. Mau yang bundar ditaruh di tengah ruang bisa, mau yang persegi panjang atau bahkan kotak juga nggak masalah. Tapi gimana kalau spotnya terbatas atau ruang makanmu yang model bergabung dengan dapur?

Baiknya sih ucapkan selamat tinggal sama meja bundar atau oval, apalagi kalau kaki mejanya pakai ukiran-ukiran. Karena selain makan tempat, bikin ruangan terkesan berat. Untuk ruang sempit, pilih meja persegi panjang dengan bentuk yang simpel aja. Lalu supaya hemat tempat, kalau kamu termasuk keluarga kecil, bisa pepet meja makan tersebut ke bidang dinding, atau bisa juga kamu bikin meja makan khusus yang bisa dilipat-lipat.

Standar atau yang Tinggi?
Selain bentuk mejanya, tentukan juga ingin ketinggian meja yang bagaimana. Yang di pasaran, memang umumnya dijual meja dengan ketinggian standar duduk orang dewasa. Tapi sebagai alternatif, untuk ruang yang berukuran terbatas, orang-orang sekarang banyak yang membuat sendiri meja makan ala bar-bar restoran. Selain biar suasana ruang lebih beda, meja model ini bikin efek ruang jadi kelihatan lebih lapang.

Kursi Sesuai Kebutuhan
Kalau kamu beli satu set meja dan kursi makan, beres urusan! Tapi kalau kamu belinya lepasan, kamu perlu tahu soal kebutuhan kursi. Selain jumlahnya, tentu bentuknya, kamu mau yang sandaran tinggi, sandaran sedang sebatas bahu, atau bahkan yang tanpa sandaran (stool). Sandaran tinggi memang favorit karena nyaman diduduki, tapi bakal bikin ruang makan kelihatan kaku banget. Kalau kursi sandaran yang sebatas bahu sih masih termasuk yang ideal. Tapi kalau kamu bahkan tipe yang jarang makan di meja makan, model stool pun pasti nggak jadi masalah.

Bahan yang Sesuai
Cari bahan meja makan bisa yang sesuai sama kebiasaan kamu juga. Ada yang dari kayu solid (seperti jenis kayu mahogany, walnut, atau bahkan jati) yang cenderung mahal tapi pas buat gaya interior apapun, awet dan juga tahan lama. Ada yang dari kayu olahan (atau bahan kayu yang pabrikan, salah satunya jenis kayu MDF) yang harganya memang lebih terjangkau dan umumnya bentuknya minimalis, tapi ketahanannya kurang dibanding bahan lain.

Kalau yang umum, ada meja makan kaca yang transparan dengan rangka besi di bawahnya. Bahan kaca sama kaya meja makan dari marmer, keduanya tahan lama juga dan lebih mudah untuk dibersihkan. Cocok buat kamu yang senang serba-praktis nih.

Tentukan Alasnya
Terakhir, soal alas. Kalau meja makanmu terbuat dari kayu, ada baiknya kamu gunakan alas meja atau taplak supaya permukaan meja nggak mudah kotor dan rusak. Sayang kan, udah beli kayu mahal-mahal, jadi rusak gitu aja karena ketumpahan makanan. Makanya, kamu bisa pilih taplak bermotif-motif lucu yang bisa diganti sewaktu-waktu. Atau setidaknya, gunakan alas piring atau yang dikenal dengan istilah table mat saat kamu sedang makan. Nah, kalau mau cari table mat dan peralatan makan dengan desain unik dan cantik, belanja di sini aja! Pilih yang kamu suka, ya!

Sudah kebayang mau meja makan dan kursinya yang model apa? Selamat hunting ya! (mozaic.co.id/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.