oleh

Muslim Wajib Tahu, Ini 7 Kesalahan Pelaksanaan Puasa Senin Kamis yang Sering Anda Lupakan

PortalMadura.Com – Puasa senin kamis merupakan puasa sunah yang dilakukan pada setiap pekan di dua hari tersebut. Keutamaannya bisa menghapus kesalahan, meninggikan derajat, bahkan memberikan kesehatan tubuh bagi yang melakukannya.

Namun tahukah Anda?. Ternyata ada beberapa kesalahan dalam pelaksanaan puasa senin kamis itu yang mungkin tidak pernah Anda sadari. Kesalahan tersebut terjadi karena Anda salah dalam membangun niat.

Berikut tujuh kesalahan saat menjalankan puasa senin kamis:

Melaksanakan Karena Orang Lain
Semua ibadah akan dinilai berdasarkan niatnya. Banyak orang melaksanakan puasa senin kamis hanya karena ikut-ikutan temannya, karena takut dikatakan tidak ‘alim’, dan hal lainnya. Mempunyai perasaan segan terhadap orang lain karena tidak berpuasa. Jika niat awal puasa sunah Anda seperti ini, lebih baik batalkan saja, karena Anda hanya akan mendapatkan haus dan lapar.

Riya
Berpuasa dengan tujuan agar dapat sanjungan dari pacar, teman atau calon mertua. Segera akhiri puasa jika niat awalnya adalah karena ingin pamer semata.

Untuk Mencapai Sesuatu yang Diinginkan
Jika ingin mencapai sesuatu, misalnya agar lulus ujian, ingin mendapatkan seorang wanita yang diidamkan. Sering kali orang melaksanakan puasa senin kamis agar keinginannya cepat tercapai.

Janganlah Anda menjadi hamba Allah yang bersifat seperti pedagang, Anda melaksananakan ibadah agar bisa mendapatkan sesuatu di dunia. Jadilah hamba Allah yang melaksanakan ibadah dengan harapan hanya agar Allah rida terhadap Anda. Melaksanakan puasa senin kamis dengan tujuan agar Anda semakin dekat dengan Allah SWT dan mendapat ampunan atas semua dosa-dosa.

Tidak Makan Sahur
Terkadang orang tidak makan sahur saat akan melaksanakan puasa senin kamis dengan alasan karena puasa sunah sehingga malas untuk makan sahur. Ingatlah yang membedakan puasa orang Islam dengan ahli kitab yang lain adalah makan sahur. Penganut non muslim melaksanakan puasa dengan tidak makan sahur.

Sebagaimana sabda Rasulullah: ”bersahurlah meskipun hanya dengan seteguk air”.

Tidak Meminta Izin dari Suami
Bagi wanita yang sudah bersuami diwajibkan untuk meminta izin dari suaminya saat akan melaksanakan semua puasa sunah. Jika tidak minta izin kepada suami, dikuatirkan ada hak-hak suami yang tidak dapat dilaksanakan.

Ingin Menguruskan Badan
Berpuasa ditafsirkan orang akan menguruskan badan. Tetapi, sering kali kita melihat selepas puasa Ramadan banyak orang yang semakin subur tubuhnya. Jadi, janganlah melaksanakan puasa senin kamis hanya karena ingin menguruskan badan semata.

Membicarakan Orang Lain
Kesalahan selanjutnya adalah saat berpuasa senin kamis, banyak orang berhenti menggunjingkan orang lain karena takut puasanya batal. Tetapi di hari lain, mereka kembali rajin membicarakan keburukan orang lain. Tinggalkanlah perbuatan keji tersebut jika tidak ingin Allah menghapuskan semua amalan kebaikan Anda. (hijabnesia.com/Salimah)


Tirto.ID
Loading...

Komentar