oleh

Ini 5 Hikmah dari Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

PortalMadura.Com – Momentum kelahiran Rasulullah diperingati sebagai maulid Nabi Muhammad SAW. Di tahun ini jatuh pada tanggal 29 Oktober 2020. Sebagaian besar umat muslim merayakannya dengan banyak melantunkan salawat.

Selain itu, banyak hikmah yang bisa diambil dari peristiwa serta peringatan maulid Nabi Muhammad SAW dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman cnnindonesia.com, Berikut beberapa hikmah maulid Nabi Muhammad SAW.

Bersalawat untuk Rasulullah

Peringatan maulid Nabi dapat dijadikan momentum untuk mengirimkan salawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Sesuai dengan surat Al-Ahzab ayat 56:f “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya,”

Waktu Bergembira

Umat Islam juga mesti bergembira memperingati maulid Nabi. Pasalnya, peringatan maulid Nabi berarti merayakan kehadiran sosok yang menjadi suri teladan bagi umat Islam.

Sesuai dengan firman Allah dalam surat Al-Ahzab ayat 21: “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah,”

Menumbuhkan Kecintaan pada Rasulullah

Hikmah maulid nabi juga dapat menjadi momentum untuk meneguhkan kembali rasa cinta pada Nabi Muhammad SAW dengan mengikuti ajarannya. Mencintai Nabi Muhammad juga berarti mencintai Allah SWT.

Dalam surat Ali Imran ayat 31, dijelaskan bahwa syarat untuk mencintai Allah adalah dengan mengikuti Rasulullah SAW.

Meneladani Nabi Muhammad SAW

Peringatan maulid Nabi bukan sekadar seremonial, tapi meneladani perilaku dan juga perbuatan Nabi Muhammad dalam semua aspek kehidupan dan aktualisasi diri.

Kaum milenial dapat dicontoh dengan menjadi pemuda hebat. Lalu, bagi para suami dapat mencontoh kejujuran dan keadilan. Serta sosok ayah yang paling baik menyayangi keluarga dan tidak pernah marah. Juga menjadi pemimpin yang sangat adil dan menjadi guru yang bijak.

Melanjutkan Perjuangan Nabi Muhammad SAW

Hikmah maulid nabi juga berarti melanjutkan perjuangan dan misi Nabi Muhammad SAW dengan mengikuti Alquran dan sunah. Mengamalkan Alquran dan sunah dapat menjadi panduan dan juga menyempurnakan keislaman.

Jadikan peringatan maulid nabi sebagai momentum untuk memperbaiki akhlak dengan meniru perilaku Nabi Muhammad dan juga menambah keimanan kepada Allah SWT.

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Cnnindonesia.com

Komentar