Ini 5 Jenis Penyakit di Musim Hujan yang Perlu Anda Waspadai

  • Bagikan
penyakit di musim hujan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Musim hujan telah tiba, hampir setiap hari hujan mengguyur beberapa daerah di Indonesia. Sehingga ada sebagian kota yang terendam banjir karena intensitas hujan yang tinggi.

Setiap kali musim penghujan, biasanya akan menimbulkan berbagai macam masalah. Salah satunya yaitu penyakit. Ada berbagai macam penyakit yang menyerang saat musim hujan tiba. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menjaga kesehatan sebelum terserang penyakit.

Berikut daftar penyakit yang kerap muncul saat musim hujan:

Kolera
Penyakit yang satu ini cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia, namun tidak semua orang tahu ciri-cirinya, dan cara pencegahannya.

Di musim hujan yang kerap terjadi banjir, penyakit kolera bisa menjangkit siapa saja dari makanan atau air yang terkontaminasi oleh bakteri Vibrio Cholerae, akibatnya seseorang bisa terinfeksi ususnya.

Ciri-ciri terjangkitnya kolera pada seseorang, meliputi tinja berair yang sering tanpa rasa sakit, muntah, dehidrasi cepat, kulit kering, keriput, dan bola mata cekung.

Untuk bisa terhindar dari kolera, Anda bisa menjauhkan makanan dari serangga, dan tikus dengan menutupinya, mencuci dan memasak makanan dengan benar, mencuci tangan dengan sabun sebelum makan, menggunakan toilet dengan benar, menjaga kebersihan lingkungan, jangan sampai ada serangga, dan hewan pengerat untuk berkembang biak.

Leptosipirosis
Banjir yang sering terjadi membuat got-got yang biasa dihuni tikus meluap. Hal ini tentu menimbulkan keresahan masyarakat, sebab banyak penyakit yang dapat disebabkan oleh tikus, seperti leptosipirosis.

Penyakit tersebut bisa terjadi, karena ada bakteri yang ditularkan oleh air seni, dan kotoran hewan yang terinfeksi, seperti tikus. Seseorang terjangkit leptosipirosis akan mengalami ciri, yaitu demam, nyeri otot, sakit kepala, sakit otot betis, dan mata kemerahan.

Pada kasus yang lebih parah, orang yang terkena leptosipirosis akan mengalami perubahan warna tubuh menjadi kekuning-kuningan, urin berwarna gelap, tinja ringan, volume urin rendah, dan sakit kepala parah.

Agar terhindar dari penyakit yang cukup menyeramkan ini, seseorang bisa menghindari berenang, atau mengarungi banjir, menggunakan sepatu bot dan sarung tangan untuk menjaga kebersihan badan, mengurangi jumlah tikus yang ada di dalam rumah, dan menjaga kebersihan rumah.

Demam Berdarah
Demam berdarah jadi penyakit yang biasanya menjangkit negara tropis dan sub tropis di dunia, seperti Indonesia. Penyakit yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes tersebut, sangat fatal akibatnya, dan lebih sering menyerang anak-anak.

Beberapa cara untuk mencegah demam berdarah, yaitu menutup drum air, dan ember untuk mencegah nyamuk berkembang biak, mengganti air dalam vas bunga seminggu sekali, membersihkan selokan, dan air yang menggenang agar air hujan tidak menjadi tempat berkembang biak nyamuk, mengubur kaleng, toples, botol, dan barang-barang lainnya yang bisa jadi tempat menampung air dan dijadikan tempat berkembang biak oleh nyamuk.

Influensa
Infeksi virus yang biasanya lebih sering terjadi dimusim hujan menyebabkan penyakit influensa. Penyakit ini menyerang sistem pernafasan manusia, yang ditularkan melalui kontak dengan orang yang lebih dulu batuk atau bersin, dan bisa juga oleh permukaan, bahan, serta pakaian yang terkontaminasi dengan virus. Orang yang lebih mudah terserang influensa, biasanya meliputi anak kecil, orang-orang lanjut usia, wanita hamil, dan orang-orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah.

Untuk itu, agar bisa terhindar dari influensa, dan kesulitan bernafas, Anda harus melakukan beberapa upaya, seperti menghindari tempat yang ramai, menutup mulut dan hidung saat bersin atau batuk, rajin mencuci tangan, melakukan vaksin flu tahunan, dan meminimalkan kontak, dan jarak dengan orang lain setidaknya satu meter dari orang yang terinfeksi virus. Namun, jika Anda mengalami ciri-ciri seperti demam, sakit kepala, hidung meler, sakit tenggorokan, batuk, dan sakit otot atau sendi, maka besar kemungkinan Anda telah tertular influensa.

Hepatitis A
Penyakit yang cukup menyeramkan lainnya, yaitu hepatitis A. Penyakit ini adalah virus yang ditransfer dari orang melalui makanan yang terkontaminasi kotoran manusia, seperti air seni, dari orang-orang yang sudah terjangkit hepatitis A. Tanda-tanda seseorang terkena hepatitis A, meliputi demam, gejala mirip flu seperti kelemahan, nyeri otot dan sendi, kehilangan nafsu makan, pusing dengan atau tanpa muntah, perut tidak nyaman.

Maka, Anda harus mencegahnya dengan selalu mencuci tangan setelah menggunakan toilet, sebelum menyiapkan makanan, dan sebelum makan. Selain itu, Anda juga harus berhati-hati ketika memasak tiram, kerang, kukuslah lebih lama. Simpan juga makanan dan air lebih baik. (okezone/Desy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.