oleh

Ini 5 Jenis Sponge untuk Riasan Wajah yang Maksimal

PortalMadura.Com – Saat ini alat-alat makeup semakin berinovasi dan beragam bentuk. Sehingga, memudahkan seseorang untuk mengaplikasikan riasan ke wajah dengan sempurna.

Salah satu yang terus berevolusi adalah spons makeup. Tentunya berfungsi untuk mengaplikasikan alas makeup, foundation hingga concealer agar tampak lebih flawless dan merata.

Ada beberapa jenis sponge dengan beragam bentuk dan fungsi yang berbeda-beda. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman popamama.com, berikut ini penjelasannya:

Basic Beauty Blender untuk Meratakan Riasan Secara Keseluruhan

Spons yang satu ini juga dikenal dengan nama basic beauty blender. Bentuknya seperti telur dengan ujung yang agak runcing dan berwarna pink. Ya, beberapa tahun belakangan ini sponge basic beauty blender cukup naik daun.

Fungsinya untuk mengaplikasikan foundation berbentuk cair, gel hingga cream. Cara penggunaan basic beauty blender yaitu dengan terlebih dahulu dibasahi agar spons menjadi lebih kenyal, sehingga sangat nyaman digunakan dan dapat meratakan riasan dengan baik.

Pada bagian sisi sponge yang lebar digunakan dalam meratakan foundation atau concealer, sedangkan sisi yang agak runcing untuk mencapai bagian wajah yang sulit dijangkau agar hasil riasan menjadi rata dan menyatu secara keseluruhan.

Cellulose Cleansing Sponge Memiliki Bahan yang Sangat Lembut

Jenis sponge selanjutnya ialah cellulose cleansing sponge. Spons yang terbuat dari wood fiber berbahan natural ini berfungsi untuk membersihkan wajah secara menyeluruh.

Sementara cellulose cleansing sponge memiliki pori-pori besar yang bisa membersihkan sisa makeup, karena daya serapnya terbilang cukup tinggi. Selain itu, bahannya yang sangat lembut dari tisu ternyata bisa menghindarkan wajah dari iritasi.

Cara penggunaannya hanya menuangkan sedikit facial foam ke atas spons, lalu gosokkan ke seluruh wajah Anda. Selanjutnya wajah akan lebih halus dan tampak cerah.

Concealer Blender untuk Menyamarkan Kekurangan di Wajah

Biasanya fungsi dari concealer ialah untuk menghilangkan lingkaran mata. Namun, jika Anda menginginkan hasil yang lebih detail, cobalah memberikan efek contour dan highlight dengan menggunakan concealer blender.

Ya, alat aplikator makeup ini berfungsi untuk menyamarkan kekurangan di wajah seperti bekas jerawat, flek hitam maupun kantung mata.

Bagian tengah concealer blender yang cenderung lebih cekung. Alasannya memang sengaja dirancang untuk memudahkan saat memegangnya dalam meratakan concealer di bagian yang sulit dijangkau.

Foundation Blender Memiliki Bagian yang Pipih untuk Meratakan Riasan

Bentuk jenis sponge yang satu ini memang cukup mengundang perhatian, namun ketika digunakan hasilnya cukup luar biasa.

Ya, namanya foundation blender. Fungsinya untuk mengaplikasikan foundation pada wajah agar mendapatkan hasil yang tampak mulus dan sempurna, sehingga tampak alami dengan hasil yang rata.

Bentuk foundation blender memiliki bagian yang pipih dalam meratakan foundation di bagian-bagian yang sulit dijangkau.

Sementara cara penggunaannya cukup mudah, basahilah spons dengan air dan tuangkan foundation di bagian yang membulat di bawahnya. Setelah itu usapkan ke wajah, maka foundation tampak lebih natural di wajah Anda.

Powder Sponge yang Terbuat dari Serat Kapas Organik

Terakhir, ada powder sponge. Biasanya spons bedak terbuat dari serat kapas organik yang bertekstur halus dan lembut.

Ya, bedak memang digunakan sebelum mengaplikasikan makeup lainnya. Bubuhan bedak di kulit wajah bisa menjaga blush on tetap merona dan membuat riasan lebih tahan lama.

Jenis spons satu ini merupakan salah satu alat aplikator makeup yang paling familiar. Di mana beberapa produk bedak memang menyertakan powder sponge dalam kemasannya.

Sementara penggunaan powder sponge untuk mengaplikasikan bedak tabur, padat maupun foundation cair ataupun jenis two way cake foundation dalam memberikan hasil riasan yang mulus sempurna.

Itulah lima ragam sponge makeup sesuai dengan kegunaannya untuk membuat riasan wajah Anda terlihat lebih cerah alami. Jangan lupa membersihkannya dengan cairan pembersih khusus spons untuk mencegah tumbuhnya jamur.

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Popmama.Com

Komentar