Ini 5 Sunah Rasulullah yang Dianjurkan Umat Muslim Laksanakan Saat Hujan

Avatar of PortalMadura.com
Ini 5 Sunah Rasulullah yang Dianjurkan Umat Muslim Laksanakan Saat Hujan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Datangnya hujan menjadi anugerah Tuhan yang diberikan pada makhluk ciptaannya dengan membawa banyak manfaat. Oleh karena itu, sebagai manusia yang beriman dan bertakwa hendaknya mensyukuri kedatangan hujan tersebut sebagai bentuk ucapan rasa terima kasih.

Tahukah Anda bahwa saat hujan mengguyur dan membasahi bumi, ternyata ada yang dianjurkan untuk dikerjakan. Apa saja sunah tersebut?.

Simak penjelasan di bawah ini:

Sunah Pertama
Sungguh dulu Rasulullah jika melihat hujan, beliau berdoa: “Ya Allah turunkanlah hujan yang bermanfaat”. Yakni hujan yang tercurah berlimpah. (Dishahihkan Al-Albani dalam shahih Al-Adab Al-Mufrad).

Sunah Kedua
Menyingkap sebagian badannya agar terkena air hujan. Dari Anas radhiyallahu'anhu berkata: Kami tertimpa hujan bersama Rasulullah lalu beliau menyingkap baju sampai sebagian badan beliau terkena air hujan, lalu kami bertanya: “Untuk apa Anda melakukan begini?” Beliau menjawab: “Karena hujan ini baru saja dari sisi Rabbnya” (HR. Muslim).

Sunah Ketiga
Berdoa kepada Allah di tengah turunnya hujan, karena ketika itu adalah waktu dikabulkannya doa, karena bertepatan turunnya rahmat dari Allah Azza wa jalla. Sebagaimana Rasulullah bersabda:

Dua doa yang tidak akan ditolak: Doa ketika azan dan doa di bawah hujan” (Dihasankan Al-Albani dalam Shahih Al-Jami no 3078.).

Sunah Keempat
Ucapkanlah sesudah hujan reda: “Kami diberi hujan dengan sebab karunia Allah dan rahmat-Nya“. Ditekankan, untuk beramal dengan hadis ini dan meyakini maknanya pada zaman sekarang ini.

Karena melihat sebagian manusia sudah mulai menggantungkan turunnya hujan kepada kondisi udara, dan mereka berpatokan dengan pendapat ahli cuaca.

Dalam sebuah hadis beliau salat subuh dengan para sahabatnya di Hudaibiyah dalam bekas hujan tadi malam. Tatkala beliau selesai salat, beliau menghadap manusia lalu bersabda:

Tahukah kalian apa yang difirmankan Rabb kalian?”. Mereka menjawab: “Allah dan Rasul-Nya yg lebih tahu”. Beliau bersabda: “Allah ta'ala berfirman: Pada pagi hari ada diantara hamba-Ku yang beriman kepada-Ku dan kafir”.

Adapun yang mengatakan Kita diberi hujan karena karunia Allah dan Rahmat-Nya, maka ia telah beriman kepadaKu dan kafir kepada bintang. Dan adapun yang mengatakan: “Kita diberi hujan karena bintang ini dan itu, maka ia telah kafir kepada-Ku dan beriman kepada bintang” (Muttafaq alaih 71-1038).

Sunah Kelima
Ketika hujan sangat deras dan kawatir membahayakan, sebagian mereka berdoa kepada Allah agar Allah menghentikan hujannya, dan ini bukan termasuk sunah. Bahkan hendaknya ia berdoa dengan doa Rasulullah:

Ya Allah turunkanlah hujan di sekeliling kami, dan tidak dari atas kami. Ya Allah turunkanlah hujan di gunung, bukit, lembah dan di tempat tumbuhnya pepohonan” (Muttafaq alaih 897-1014).

Demikian beberapa sunah Rasulullah yang dianjurkan untuk dilaksanakan oleh umat muslim. Semoga bermanfaat. Wallahu A'lam. (islamidia.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.