Ini 5 Tanaman Herbal yang Bisa Obati Vertigo, Cocor Bebek Salah Satunya!

Avatar of PortalMadura.Com
Ini 5 Tanaman Herbal yang Bisa Obati Vertigo, Cocor Bebek Salah Satunya!
Ini 5 Tanaman Herbal yang Bisa Obati Vertigo, Cocor Bebek Salah Satunya!

PortalMadura.Com – Salah satu gejala yang disebabkan oleh adanya gangguan keseimbangan pada organ telinga biasa disebut . Biasanya orang yang mengalami ini akan merasa pusing dan mual. Sebenarnya vertigo bukan penyakit hanya gejala dan bisa disembuhkan.

Untuk mengatasinya Anda tidak perlu menggunakan obat kimia yang mempunyai efek samping pada kesehatan tubuh. Anda hanya perlu memanfaatkan yang ada di sekitar rumah. Penasaran apa saja?.

Tanaman Herbal yang Bisa Obati Vertigo

Berikut ini daftar tanaman atau tanaman herbal yang bisa mengobati vertigo:

Bunga Melati

Selain digunakan sebagai teh herbal, bunga melati dan bagian daunnya memiliki kemampuan yang luar biasa untuk mengatasi vertigo.

Bunga melati mengandung minyak atsiri berperan sebagai anti-depressan yang meredakan rasa mual dan memperlancar peredaran darah, sehingga membantu Anda untuk mengatasi gejala vertigo.

Untuk menggunakannya cukup mudah, Anda bisa menyiapkan segenggam daun melati dan 10 kuntum bunga melati. Setelah itu, Anda remas-remas semua bahan tersebut dan taburkan pada air.

Nah, air rendaman daun dan bunga melati tersebut dapat Anda gunakan sebagai obat vertigo dengan mengoleskannya pada kening dan pelipis Anda.

Sambiloto

Sambiloto merupakan salah satu tanaman liar yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya sebagai obat vertigo.

Sambiloto mengandung flavonoid yang memiliki kemampuan luar biasa sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan mematikan virus dan kontaminan asing dalam tubuh.

Cara menggunakan sambiloto untuk mengatasi vertigo sangat mudah. Anda cukup menyiapkan 3-5 helai daun sambiloto, lalu rebus dengan air hingga mendidih.

Jika sudah mendidih, saring airnya dan dinginkan sejenak. Setelah dingin, Anda bisa meminumnya secara langsung. Sambiloto bisa diminum hingga 3 kali dalam sehari.

Cocor bebek

Tanaman ini ampuh digunakan sebagai obat alami vertigo. Di mana kandungan flavonoidnya yang sangat tinggi, bisa mematikan virus-virus di dalam tubuh.

Anda cukup mengambil 10 helai daun cocor bebek kemudian tumbuk halus daun-daun. Agar dapat dioleskan, maka tambahkan sedikit air garam. Jika sudah, oleskan campuran daun cocor bebek dan air garam di kening dan pelipis Anda 1 atau 2 kali dalam sehari.

BACA JUGA: 10 Manfaat Buah Delima bagi Kesehatan

Ginkgo biloba

Ginkgo biloba memang dikenal khasiatnya untuk kesehatan tubuh. Tidak heran bila tanaman ini sering dimanfaatkan sebagai tanaman obat.

Ginkgo biloba ampuh sebagai obat vertigo karena jenis tanaman ini mampu memperlancar sirkulasi peredaran darah, termasuk di area sekitar telinga dan otak. Sehingga keseimbangan Anda akan terjaga dan gejala-gejala vertigo akan menghilang.

Anda bisa membeli ekstrak tanaman ini di berbagai apotik terdekat. Atau alternatif lain, Anda bisa menyiapkan 4-5 helai daun gingko biloba, kemudian rebus dengan 3 gelas air.

Jika sudah mendidih dan air tinggal tersisa 1 gelas, maka Anda bisa mendinginkannya sejenak dan lalu mengonsumsinya.

Pegagan

Meski tumbuh liar di pinggir jalan, tanaman ini berfungsi untuk mengatasi gejala vertigo. Pegagan memiliki efek anti-infeksi, anti-toxic, dan anti-bakteri yang ampuh untuk mengatasi bakteri yang dapat menginfeksi telinga dalam Anda. Hasilnya, gejala-gejala vertigo yang dirasakan bisa segera reda.

Baca Juga Khasiat Daun Pegangan Untuk Kesehatan

Anda cukup menyiapkan segenggam daun pegagan, masukkan ke dalam panci yang diisi 3 gelas air. Setelah itu, rebus air tersebut dan tunggu hingga air tinggal tersisa 1 gelas.

Jika sudah tersisa 1 gelas, maka saring air tersebut dan konsumsi dengan segera. Untuk memperkaya rasa, maka Anda bisa menambahkan 1 sendok teh madu ke dalam ramuan tradisional tersebut.

Itulah informasi seputar Tanaman Herbal yang Bisa Obati Vertigo, semoga dapat membantu anda.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.