Ini 6 Cara Sederhana Mengatur Keuangan Selama Bulan Ramadan

Avatar of PortalMadura.Com
Ini 6 Cara Sederhana Mengatur Keuangan Selama Bulan Ramadan
ilustrasi

Portal Madura.Com – Saat , seharusnya seseorang bisa menghemat pengeluaran karena jatah makan berkurang dari yang tadinya tiga kali sehari menjadi dua kali sehari. Namun, pengeluaran justru membengkak hingga dua sampai tiga kali lipat di bulan Ramadan, terlebih lagi menjelang Idul Fitri tiba.

Apalagi harga bahan pokok di bulan Ramadan semakin meningkat, Anda juga tetap perlu mengelola pengeluaran dan Anda dengan baik di bulan puasa bahkan menjelang Lebaran sekalipun.

Berikut enam cara mengelola keuangan saat Ramadan dan menjelang Idul Fitri:

Buat Rencana Keuangan
Anda harus membuat daftar yang jelas untuk menentukan prioritas Anda dalam mengalokasikan penghasilan. Sisihkan uang untuk makan sahur dan berbuka. Tetapkan anggaran yang masuk akal dan sesuai, tidak terlalu kecil namun juga jangan terlalu besar.

Lalu, jangan lupa alokasikan uang Anda untuk membeli baju baru. Sisihkan uang untuk bersedekah, karena masih banyak orang yang membutuhkan bantuan Anda. Perhitungkan anggaran untuk sebulan ini dengan jelas dan masuk akal.

Kelompokan Pengeluaran Untuk Hari Raya Idul Fitri
Hal yang biasa terjadi selama bulan Ramadan adalah harga bahan pokok yang meningkat. Pengeluaran Anda akan semakin banyak untuk keperluan yang satu ini. Selain itu, perhitungkan juga biaya untuk membeli hadiah bagi sanak saudara, membeli pakaian baru, atau membuat kue lebaran, dan biaya untuk pulang kampung.

Pengeluaran untuk menyambut hari raya Idul Fitri harus mulai Anda perhitungkan agar lebih teratur. Lebih baik gunakan uang bonus atau Tunjangan Hari Raya (THR) dari perusahaan Anda untuk memenuhi keperluan. Jangan sampai berhutang hanya untuk hal ini. Ingat, lakukanlah sesuai dengan kemampuan finansial Anda.

Selalu Catat Pengeluaran Harian
Mencatat pengeluaran tiap harinya perlu Anda lakukan untuk memantau ke mana saja uang yang Anda habiskan selama satu hari. Catatan ini dapat dipakai untuk mengingatkan diri Anda untuk terus berhemat dan mengeluarkan uang seperlunya saja.

Selain itu, dengan mencatat pengeluaran Anda, maka Anda pun secara tidak sadar akan jadi lebih teratur dan berhemat karena selalu tahu berapa banyak uang yang keluar.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.