oleh

Ini 6 Nama Lain Alquran yang Perlu Umat Islam Tahu

PortalMadura.Com – Alquran merupakan salah satu mukjizat Nabi Muhammad SAW atau dengan kata lain firman Allah SWT yang diturunkan dan disampaikan melalui Rasulullah untuk disampaikan pada umat.

Sebagai umat Islam, Anda harus tahu beberapa nama lain dari Alquran. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Jumat (29/11/2019) dari laman republika.co.id yang dikutip dari beberapa sumber. Berikut nama lain kalamullah:

iklan pilbup

Alfurqan

Sesuatu yang membedakan antara kebenaran dengan kebatilan. Nama Alfurqan juga digunakan Allah swt sebagai nama hari perang Badar. Bahasa lain dari nama perang Badar dalam Alquran dikenal dengan redaksi yaumul furqan dalam Surah Al-Anfal ayat 41.

Attanzil

Diturunkan langsung dari Allah. Nama ini sekaligus merupakan penegasan Alquran bukanlah buatan manusia dan juga bukan buatan Rasulullah SAW. Maka Alquran tidak boleh disamakan dan diperlakukan sebagaimana karya-karya manusia.

Alkitab

Allah SWT menjadikan Alquran sebagai kitab yang mengumpulkan hukum-hukum syariat. Nama ini juga diilhami dari hadis Rasulullah yang setiap kali Alquran diturunkan kepada beliau, para sahabat diperintahkan menulis sebagian Alquran tersebut.

Baca Juga: Lantai Dua Swalayan Adirasa di Sumenep Terbakar 

Azzikri

Ingin memberikan pesan tidak langsung kepada manusia bahwa Alquran adalah sebuah peringatan dalam bentuk tuntunan. Bahwa ada tugas-tugas yang perlu diemban manusia di bumi, salah satu kaitannya dengan ini yaitu menjaga bumi dari kehancuran alam dan kerusakan tangan manusia yang masif terjadi.

Alwahyu

Merupakan pesan kepada seluruh manusia, tidak terkecuali. Pesan ini berlaku hingga akhir zaman dan tidak akan ada satu pun medium selain Alquran yang mampu menggantikan.

Kalamullah

Perkataan atau firman Allah. Terkait penamaan ini, kalangan Ahlu Sunnah dan Muktazilah pernah berbeda pendapat untuk menamainya Kalamullah (perkataan Allah) ataukah hadis (baharu).

Rewriter: Desy Wulandari
Sumber: republika.co.id
Tirto.ID
Loading...

Komentar