oleh

Ini 7 Cara Hemat Uang Sebelum Lebaran

PortalMadura.Com – Meski lebaran masih dibilang lama, namun sebagian besar orang sudah memutar otak agar bisa menghemat uang. Memang tidak dapat dipungkiri, lebaran menjadi momen tersendiri bagi banyak orang untuk pulang kampung dan menghabiskan waktu dengan keluarga serta orang-orang terkasih. Sehingga tidak salah bila mereka mulai merencanakan keuangan mereka salah satunya yakni dengan berhemat.

Namun di bulan penuh berkah ini menghemat uang tentu bukanlah sesuatu yang mudah bukan? Seperti ajakan buka bersama, belum lagi godaan takjil untuk berbuka puasa.

Nah, berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat uang sebelum Lebaran.

Perlakukan Tabungan Seperti Tagihan
Tentukan berapa banyak dan seberapa sering Anda harus menabung. Perlakukan tabungan Anda seperti tagihan dengan transfer otomatis agar terisi secara rutin.

Baca Juga : Ingin Hemat Uang Setiap Bulan? Lakukan 5 Cara ini

Negosiasi
Anda bisa melakukan negosiasi tagihan, seperti kartu kredit, biaya keanggotaan gym, langganan internet, atau asuransi mobil. Jika negosiasi berhasil, Anda bisa mendapatkan lebih banyak uang yang bisa disimpan.

Gunakan Aplikasi Cash Back
Saat ini banyak aplikasi yang menawarkan cash back, Anda bisa mendapatkan uang dari apa yang sudah dibeli.

Ikuti Aturan 1 Barang Terbeli, 1 Barang Terjual
Cara kerjanya adalah barang apapun yang Anda beli, harus ada 1 barang lainnya yang terjual. Cara ini dapat membantu Anda untuk lebih memikirkan pembelian dan menggunakan barang-barang yang benar-benar perlu, menghemat lebih banyak uang.

Menggunakan Metode Setengah Pembayaran
Untuk tagihan apapun yang Anda miliki, Anda bisa membaginya menjadi dua. Setengah tagihan bisa kamu bayarkan di awal gajian, setengahnya lagi Anda bayarkan menjelang gajian bulan berikutnya.

Berhenti Nonton di Bioskop
Cobalah untuk menghentikan kebiasaan nonton di bioskop, Anda hanya menghabiskan banyak uang. Film-film yang diputar di bioskop pada akhirnya bisa kamu tonton secara online, Anda hanya perlu bersabar.

Beli Kebutuhan Secara Online
Membeli kebutuhan secara online merupakan ide yang baik. Selain mempermudah hidup Anda, juga memberikan Anda lebih banyak penawaran menarik, seperti promo dan diskon.

Itulah beberapa cara untuk menghemat uang sebelum lebaran. Semoga bermanfaat


Rewriter : Nanik Dwi Jayanti
Sumber : fimela.com

Komentar